TIA YULIANA, - (2018) Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Video Pada Materi Teori Kinetik Gas Dan Termodinamika. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
COVR, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (485kB) |
|
Text
BAB I OKE.pdf - Published Version Download (207kB) |
|
Text
BAB II OKE.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
BAB III OKE.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text
BAB IV OKE.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V OKE.pdf - Published Version Download (110kB) |
Abstract
Tia Yuliana 1414080243 Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Video pada Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika Padang, Skripsi: Jurusan Tadris IPA Konsentrasu Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Padang, 2017. 128 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya ketersediaan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik, bahan ajar yang digunakan belum mampu mengarahkan siswa menemukan, memperoleh pengetahuan baru dan membangun sendiri pengetahuannya, bahan ajar yang tersedia juga belum dapat memvisualisasikan konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak serta bahan ajar yang digunakan tidak mendorong peserta didik untuk membaca dan melatih kemandirian belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul berbasis learning cycle 7E berbantuan video pada materi teori kinetik gas dan termodinamika yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: Penelitian Pendahuluan (Preliminary research), Pengembangan Prototipe (Development of prototype phase) dan Tahap penilaian (Assesment phase). Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan 2 tahap yaitu : analisis kebutuhan, analisis literatur (analisis kurikulum dan analisis media). Pada tahap pengembangan prototype, dilakukan perancangan terhadap modul berbasis learning cycle 7E berbantuan video pada materi teori kinetik gas dan termodinamika yang terlebih dahulu divalidasi oleh 5 orang ahli. Dari aspek kelayakan isi, bahasa dan media menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba oleh 2 orang pendidik fisika di MAN 3 Padang dan 15 orang peserta didik kelas XI MAN 3 Padang untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas dan 26 orang peserta didik untuk melihat keefektifan modul berbasis learning cycle 7E berbantuan video pada materi teori kinetik gas dan termodinamika pada aspek kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan analisis data, dapat dikemukakan bahwa modul berbasis learning cycle 7E berbantuan video pada materi teori kinetik gas dan termodinamika sangat valid dengan skor rata-rata 90,31% dengan persentase uji kelayakan isi sebesar 87,5%, kelayakan bahasa 95% dan kelayakan media 90%, dimana praktikalitas oleh pendidik 89,42% dan peserta didik 89,06%. Sedangkan keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan skor rata-rata 80,92% ditinjau dari aspek kemandirian belajar. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis learning cycle 7E berbantuan video pada materi teori kinetik gas dan termodinamika sudah memenuhi kualifikasi modul yang valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Tadris IPA (Fisika) |
Date Deposited: | 16 Jun 2019 06:39 |
Last Modified: | 16 Jun 2019 06:39 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2824 |
Actions (login required)
View Item |