FITRIA MUHARDITA, - (2018) Pengaruh Model Scramble Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas V MIN 4 Solok Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
cover,abstrak,persetujuan pembimbing.pdf - Published Version Download (393kB) |
|
Text
bab 1.pdf - Published Version Download (304kB) |
|
Text
bab 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
bab 3.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
bab 5.pdf - Published Version Download (90kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
Text
fitria muhardita (1414070368).pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Skripsi berjudul ”Pengaruh Model Scramble Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas V MIN 4 Solok Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok” yang ditulis oleh Fitria Muhardita, NIM 1414070368 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Univeristas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V di MIN 4 Solok Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Hasil kemampuan membaca pemahaman yang diperoleh sebagian besar peserta didik kelas V belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yakni nilai 75. Sesuai dengan data awal yang didapat dari pendidik kelas VMIN 4 Solok dari 19 orang siswa hanya 36,15% yang mendapat nilai di atas KKM (tuntas). Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan hasil kemampuan membaca pemahaman sebelum dan sesudah menerapkan model Scramble di kelas VMIN 4 Solok Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh model Scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V MIN 4 Solok Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V di MIN 4 Solok Kecamatan Lembah Gumati Kabupaten Solok sebelum dan sesudah menerapkan model Scramble. Manfaat penelitian ini secara teoritis mengembangkan konsep pembelajaran membaca pemahaman melalui model Scramble dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, peserta didik, pendidik, sekolah dan jurusan. Jenis penelitian yaitu Quasi Exsperimen atau eksperimen semu. Penelitian quasi eksperimen merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek selidik. Caranya adalah dengan membandingkan satu atau lebih kelompok eksperimen dengan yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 4 Solok. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V MIN 4 Solok yang berjumlah 19 orang. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian, diperoleh tes awal (Pretest)dengan rata-rata 57,10. Sementara pada tes akhir (Posttest) dengan rata-rata adalah 73,16. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Normalitas, diperoleh untuk pretest 0.503 dan untuk posttest 0.831. Sedangkan untuk uji t diperoleh t hitung = 5,16 dan t tabel = 2.10, karena thitung> ttabel ( 5,16>2,10) dengan = 0,05, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Haditerima. Artinya terdapat peningkatan hasil tes membaca pemahaman peserta didik setelah diterapkan model Scramble pada peseta didik kelas V MIN 4 Solok Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang sangat signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:12 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:12 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2790 |
Actions (login required)
View Item |