ZAINUL ABDI, - (2018) Penerapan Model Pembelajaran Word Square dalam Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar di Kelas V MIN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
1. COVER PROPOSAL 241.pdf - Published Version Download (24kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
Text
10. BAB II perbaikan zai.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
11. BAB III setelah penelitian.pdf - Published Version Download (388kB) |
|
Text
12. Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MIN”, yang disusun oleh Zainul Abdi, NIM 1414070608 pada prodi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MIN 1 Padang Pariaman pada pembelajaran tematik dengan rata-rata nilai 71,31 yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran word square dalam meningkatkan hasil pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Padang Pariaman. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian “One- Group Pretest And Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 1 Padang Pariaman. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V MIN 1 Padang Pariaman. Peserta didik kelas V MIN 1 Padang Pariaman berjumlah 16 orang. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan model word square dalam pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Padang Pariaman terdapat peningkatan yang signifikansi. Tes awal (pretest) dengan rata-rata 72,18. Sementara pada tes akhir (posttest) nilai rata-rata peserta didik adalah 78,43. Penerapan model pembelajaran word square telah berhasil membantu memberikan peningkatan hasil pembelajaran peserta didik kelas V MIN 1 Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2019 15:26 |
Last Modified: | 23 May 2019 15:26 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2775 |
Actions (login required)
View Item |