Strategi Guru PAI Dalam Menerapkan Prilaku Jujur Peserta Didik di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat

AL MUKARROMIN, - (2018) Strategi Guru PAI Dalam Menerapkan Prilaku Jujur Peserta Didik di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text
complete.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Guru PAI dalam Menerapkan Prilaku Jujur Peserta Didik di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat. Disusun oleh Al Mukarromin. Bp 1314010589. Mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang tahun 2018. Penelitian ini di latar belakangi adanya peserta didik berbelanja di kantin sekolah mereka tidak membayar jajanan mereka sesuai apa yang mereka ambil di kantin itu, dan ketika ditanya guru PAI siapa yang tidak shalat subuh mereka berbohong dan tidak menjawab. Berdasarkan fenomena yang terjadi maka menjadi pertanyaan bagi penulis adalah mengapa sikap peserta didik seperti demikian, dan menjadi sebuah rumusan masalahnya bagaimana strategi guru PAI dalam menerapkan prilaku jujur peserta didik di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat. Fokus penelitannya adalah strategi guru PAI dalam menerapkan prilaku jujur peserta didik pada sikap spiritual di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat, strategi guru PAI dalam menerapkan prilaku jujur peserta didik pada sikap sosial di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam menerapkan prilaku jujur peserta didik di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat. Secara khusus adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam menerapkan prilaku jujur peserta didik pada sikap spiritual di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat, dan strategi guru PAI dalam menerapkan prilaku jujur pada sikap sosial di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI 3 orang, penjaga kantin, peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) strategi guru PAI dalam menerapkan prilaku jujur peserta didik pada sikap sipiritual di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat, guru PAI bersikap jujur, pengawasan terhadap peserta didik, menerangkan kepada peserta didik terkait mengenai kejujuran, seperti: pengertian jujur, dalil-dalil terkait tentang kejujuran, hikmah dari prilaku jujur, dan akibat dari prilaku dusta, Mencontohkan prilaku jujur di kelas, Melakukan teguran kepada siswa yang berbohong. (2) strategi guru PAI dalam menerapkan prilaku jujur peserta didik pada sikap sosial di SD Negeri 03 Lubuk Gadang Kabupaten Pasaman Barat, guru PAI Bersikap jujur, menyuruh peserta didik untuk bersikap jujur. Menerangkan pengertian jujur, juga hikmah dari prilaku jujur, dalil terkait tentang kejujuran, contoh prilaku jujur, dan mengawasi peserta didik supaya tidak dapat mencontek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:21
Last Modified: 11 Sep 2019 01:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item