AMAT TAHER, - (2018) PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU AGAMA DALAM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 4 PAYAKUMBUH. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
COVER, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (303kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (315kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Pengelolaan Kelas oleh Guru dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Payakumbuh”. ditulis oleh Amat Taher. Nim.1414010339, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan keguruan, UIN Imam Bonjol Padang. SMP Negeri 4 Payakumbuh merupakan Sekolah Menengah Pertama yang cukup ternama dari segi kualifikasi yang dimiliki oleh siswa dan gurunya dengan prestasi-prestasi yang diraihnya. Namun dari observasi awal, penulis melihat ada beberapa indikasi kelemahan, salah satunya siswa kurang perhatian terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ini terlihat dari hasil ulangan harian (UH) dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dilaksanakan, terlihat jelas hasil yang diperoleh oleh peserta didik banyak yang berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari data ulangan harian tersebut peserta didik dengan jumlah keseluruhan satu kelas sebanyak 33 orang, jumlah peserta didik yang berhasil mencapai KKM sebanyak 11 orang dengan persentase 33,33 persen sedangkan peserta didik yang berada dibawah KKM sebanyak 22 orang dengan persentase 66,66 persen, ini terjadi karena peserta didik kurang serius dan antusias dalam proses pembelajaran.. Berdasarkan hal tersebut, penulis berasumsi bahwa hal ini tentu disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Diantara faktor tersebut berkaitan dengan kurang optimalnya pelaksanaan pengelolaan kelas oleh guru Agama dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengetahuan guru Agama tentang pengelolaan kelas, pelaksanaan pengelolaan kelas oleh guru Agama, kendala yang dihadapi guru Agama dan upaya guru Agama dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengelolaan kelas di SMP Negeri 4 Payakumbuh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah : Penelitian Lapangan (Field Research) dan metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif, yaitu semata-mata menggambarkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang nampak sebagaimana adanya. Sumber dari penulisan skripsi ini adalah guru Agama di SMP N 4 Payakumbuh yang berjumlah 3 orang. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik pengolaan data dengan teknik analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pengetahuan guru Agama tentang pengelolaan kelas sudah baik namun dalam pelaksanaan pengelolaan kelas oleh guru Agama masih belum terlaksana dengan baik. faktor kendala yang dihadapai guru Agama dalam pelaksanaan pengelolaan kelas di SMP N 4 Payakumbuh adalah kurangnya penggunaan metode dan media oleh guru Agama dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam serta suara sebagian guru Agama yang lemah atau kurang jelas dalam menyampaikan materi. Sedangkan untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru Agama, pendidik dalam hal ini guru Agama mencoba menggunakan metode dan media yang bervariasi, menetapkan kontrak belajar dengan peserta didik dan melakukan upaya untuk melengkapi sarana dan prasarana sekolah yang mendukung proses pelaksanaan pengelolaan kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2019 03:48 |
Last Modified: | 27 May 2019 03:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2702 |
Actions (login required)
View Item |