mplementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTsN 4 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

SITI FAIZATUN NIKMAH, - (2018) mplementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTsN 4 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
Cover, PB, Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 4 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan”. ditulis oleh Siti Faizatun Nikmah, NIM. 1414010497. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Tahun 2018 Latar belakang penelitian ini adalah Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah merupakan mata pelajaran yang sulit untuk diikuti oleh siswa, hal ini terlihat ketika pembelajaran berlangsung mayoritas siswa tidak memperhatikan guru. Rumusan masalah penelitian adalah (1) Apa saja metode yang digunakan Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pembelajaran yang berdasarkan Kurikulum 2013, (2) Bagaimana bentuk-bentuk media yang digunakan Guru dalam pembelajaran, (3) Bagaimana bentuk Evaluasi yang digunakan Guru dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan metode guru dalam mengajarkan mata pelajaran SKI berdasarkan Kurikulum 2013. 2) Mendeskripsikan media yang digunakan guru dalam mengajarkan mata pelajaran SKI berdasarkan Kurikulum 2013. 3) Mendeskripsikan evaluasi yang dilakukan guru mata pelajaran SKI berdasarkan Kurikulum 2013 di MTsN 4 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan data sekunder adalah kepala madrasah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Metode pembelajaran SKI di MTsN 4 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan bahwa guru SKI masih menggunakan metode yang bersifat konvensional berupa metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Guru belum menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan guru masih berpusat pada guru saja sehingga dalam mengikuti pembelajaran siswa menjadi jenuh. 2) Media yang digunakan guru dalam mengajarkan mata pelajaran SKI berdasarkan Kurikulum 2013 berupa media gambar dan peta, dan media berbasis, Namun dalam pengimplementasian media ini masih belum efektif, indikasi ini disebabkan ketika guru mengimplementasikan media tersebut, masih ada diantara siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran. 3) Evaluasi yang dilakukan guru mata pelajaran SKI berupa evaluasi dilakukan secara komprehensif berkenaan dengan seluruh aktifitas pembelajaran berupa penilaian afektif, kognif, dan psikomotor. Evaluasi tidak hanya dari tes tulis saja, melainkan seluruh kegiatan peserta didik seperti laporan, tugas mandiri, PR, presentasi atau penampilan peserta didik dan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 07:11
Last Modified: 06 May 2019 07:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item View Item