ANISA, - (2018) Konsep Rabani dalam Al-Qur'an Q.S Ali Imran Ayat 79 dan Pengembangannya dalam Peningkatan Kepribadian Guru. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text (COVE, ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (6MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (FULL TEKS)
FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (44MB) |
Abstract
ANISA, NIM 1414010616, Konsep Rabbani dalam Al-Qur’an Q.S Ali Imran Ayat 79 dan Pengembangannya dalam Peningkatan Kepribadian Guru. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi adanya ditemui guru yang melihat buku sumber untuk menjelaskan pelajaran dan tidak memahami serta menguasai materi yang akan disampaikannya. Guru kadang juga melakukan kekerasan kepada siswa apabila siswa melakukan kesalahan. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran guru menanamkan nilai-nilai akhlak dan moral dalam mengajar sebagai guru yang profesional. Dalam proses pembelajaran seorang guru yang baik hendaknya memperhatikan serta menguasai materi yang akan disampaikan serta mencerminkan sifat ketuhanan dalam mengajar. Apabila ini sudah diketahui guru, maka proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Adapun batasan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah, 1). Konsep Rabbani dalam bentuk mengajar dalam surat Ali-Imran ayat 79, dan 2). Konsep Rabbani dalam bentuk belajar dalam surat Ali-Imran ayat 79. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui konsep Rabbani dalam bentuk mengajar dalam surat Ali-Imran ayat 79, untuk mengetahui konsep Rabbani dalam bentuk belajar dalam surat Ali- Imran ayat 79. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau (Library Research), yang fokus pada mengkaji literatur-literatur yang ada di pustaka. Penelitian kepustakaan adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Metode tafsir yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir maudhu’i. Metode maudhu’i adalah metode yang menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an berdasarkan tema tertentu. Sedangkan metode yang digunakan dalam penjelasan ayat adalah metode tahlili atau analisis. Metode tahlili adalah menjelaskan ayat- ayat Al-Qur’an dengan meneliti aspeknya dan menyingkap seluruh maksudnya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, Pertama yaitu mengajar, seorang guru harus selalu mengajarkan ilmunya. Dalam mengajar guru juga harus memperhatikan dan membuat media agar pembelajaran yang dismpaikan dapat dipahami dengan baik, selain itu guru juga harus memperhatikan siswanya serta mengarahkan dan membimbingnya dalam hal apapun. Kedua yaitu belajar, guru juga harus terus menerus membahas dan memperlajari bahan yang akan disampaikan kepada siswanya, selain itu guru juga harus memperhatikan bagaimana cara belajar yang baik dan diaplikasikan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pendidikan Agama Islam pai |
Date Deposited: | 03 May 2019 02:05 |
Last Modified: | 03 May 2019 02:05 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2667 |
Actions (login required)
View Item |