yuliza, wiwit (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGUNAKAN METODEMIND MAPPINGPADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI MAN 2 SOLOK. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
Text (cover)
1. COVER.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (BAB I)
7. BAB I.pdf - Published Version Download (277kB) |
|
Text (BAB II)
8. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
Text (BAB III)
9. BAB III.pdf - Published Version Download (711kB) |
|
Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
Text (BAB V)
11. BAB V.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
file lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK WIWIT YULIZA, NIM 1314090865,"Perbandingan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI MAN Solok", Skripsi Jurusan Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tahun 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh oleh kenyataan di sekolah bahwa hasil belajar siswa rendah, hal ini terlihat dan banyaknya nilai siswa yang berada dibawah KKM. KKM mata pelajaran sejarah di MAN 2 Solok adalah 75. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat siswa dalam belajar sejarah selain itu mayoritas siswa juga tidak aktif dalam kegiatan diskusi maupun scat mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemudian sering juga didapati siswa yang kurang kosentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu untuk mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan suatu metode pembelajaran yang dianggap tepat dan cocok. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah di atas adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping. Tujuan dan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang diajar menggunakan metode Mind Mapping lebih tinggi dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran sejarah kelas XI di MAN 2 Solok tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI . Setelah itu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, maka dilakukan pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling melalui pengundian kelas. Setelah dilakukan pengundian kelas maka sampel yang terpilih adalah kelas XI 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI 2 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan proses pembelajaran pada kelas sampel maka dilakukan tesakhir. Berdasarkan pengolahan hasi lies, di dapatkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 82,04 dan kelas kontrol 80,41. Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan dilakukan uji normalitas dan homogenitas pada kelas sampel. Untuk ujinormalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lo < Ltabel (0,2296 < 1,25) dan kelas kontrol Lo< Ltabel (0,5279 < 1,25), artinya kedua kelas sampel berdistribusi normal, sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung <Ftabel (1,13. < 2,11) artinya kedua kelas sampel memiliki variansi yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t, setelah dilakukan perhitungan diperoleh thitung> ttabel (1,0349 > 1,645), hal ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi, hasil belajar sejarah siswa setelah penerapan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MAN 2 Solok tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 07:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 07:03 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2406 |
Actions (login required)
View Item |