Keken, Rahma Aliza (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER s.d DAFTAR ISI)
KEKEN RAHMA ALIZA 1914080013 COVER.pdf - Published Version Download (707kB) |
|
Text (BAB I)
KEKEN RAHMA ALIZA 1914080013 BAB I.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text (BAB III)
KEKEN RAHMA ALIZA 1914080013 BAB III.pdf - Published Version Download (358kB) |
|
Text (BAB V & DAFTAR PUSTAKA)
KEKEN RAHMA ALIZA 1914080013 BAB V.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (FULLTEXT)
KEKEN RAHMA ALIZA 1914080013 SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang berlangsung kurang mendorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu dalam proses pembelajaran guru lebih cenderung dalam pencapaian target materi kurikulum, yang artinya mementingkan penghafalan konsep daripada pemahaman materi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan menghasilkan media pembelajaran berbasis problem based learning, karena dengan adanya media pembelajaran PBL siswa akan dituntut untuk berpikir kritis terhadap produk yang akan dibuat. Tujuan penelitian yaitu menjelaskan tahapan pengembangan dan kualitas produk media pembelajaran berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Ketiga tahap ini dilakukan untuk menghasilkan produk yang valid dan praktis. Pada aspek validitas diukur dengan cara memberikan angket kepada satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, dan satu dosen ahli materi atau isi. Pada aspek praktikalitas diukur dengan cara memberikan angket kepada 2 pendidik dan 20 siswa SMA-IT Insan Cendekia dan 2 observer. Semua data validitas dan praktikalitas yang diperoleh dari angket diolah dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa baik segi materi, media, dan bahasa dengan nilai rata-rata 85% dengan kategori sangat valid Kepraktisan media pembelajaran berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa mempunyai nilai rata-rata 88% kategori sangat praktis dan hasil 2 observer yaitu 78,7% dengan kategori Good Agreement. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Kategori kunci: Media Pembelajaran, Problem Based Learning, Capcut, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Problem Based Learning, Capcut, Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 2 |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 15:48 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 15:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23935 |
Actions (login required)
View Item |