Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas VIII Negeri 1 Pariaman

Sari, Vevi Nurmala (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas VIII Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- Daftar isi)
Cover - Daftar isi .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI BAB 1 VEVI.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (BAB 3)
SKRIPSI BAB 3 VEVI.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img] Text (BAB V- Daftar pustaka)
BAB V- Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI VEVI 2014090066.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman. (2) Untuk mengetahui Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media Peta Konsep pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran jigsaw dengan berbantuan media peta konsep pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan Pre-Test Post-test with Non-Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Pariaman tahun ajaran 2023/2024 semester genap. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling, dengan memilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 42,08 dengan nilai tertinggi 72 dan hasil posttest 83,2 dengan nilai tertinggi 96. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 45,92 dengan nilai tertinggi 76 dan hasil posttest kelas kontrol adalah 73,44 dengan nilai tertinggi 92. Berdasarkan analisis uji t dengan menggunakan software SPSS versi 20 for windows didapatkan hasil belajar analisis data yakni sig (2-tailed) sebesar 0,001. Hasil data didapatkan 0,001 < 0,05 (0,001 kecil dari 0,05) artinya Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP Negeri 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Peta Konsep, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Sep 2024 09:01
Last Modified: 11 Sep 2024 09:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23792

Actions (login required)

View Item View Item