Putri, Chelsi Maulia (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belaar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (C0VER-DAFTAR ISI)
CHELSI MAULIA PUTRI. NIM 2014010121. COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (487kB) |
|
Text (BAB 1)
CHELSI MAULIA PUTRI. NIM 2014010121. BAB I.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text (BAB III)
CHELSI MAULIA PUTRI. NIM 2014010121. BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
CHELSI MAULIA PUTRI. NIM 2014010121. BAB V.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text (FULL TEXT)
CHELSI MAULIA PUTRI. NIM 2014010121. FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran di MTsN 2 Bukittinggi belum berdasarkan kepada kebutuhan peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Bukitinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi,untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran berdiferensiasi danmengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Bukitinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Bukittinggi tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, kelas yang digunakan untuk penelitian yaitu kelas VIII 8. Hasil penelitian menghasilkan nilai rata-rata pre test kelas VIII 8 Sebesar 70,125 dan nilai rata-rata post test sebesar 87. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rata-rata nilai post test lebih besar dari nilai pre test yaitu 87 > 70,125. Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka berdasarkan data pengambilan keputusan dalam uji independent sampel t-test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 2 Bukittinggi. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Akidah Akhlak, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Akidah Akhlak, Hasil Belajar |
Subjects: | Agama Islam > Akhlak L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 19:47 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 19:47 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23472 |
Actions (login required)
View Item |