PEMBINAAN KINERJA GURU MADRASAH MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS APPROACH MANAGEMENT ABILITY LEADERSHIP (AMAL) DI SUMATERA BARAT

Dasmal, Defi (2024) PEMBINAAN KINERJA GURU MADRASAH MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS APPROACH MANAGEMENT ABILITY LEADERSHIP (AMAL) DI SUMATERA BARAT. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
3. bab I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
4. bab III.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (FULL)
1. disertasi fulltext.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
5. bab V - Daftar pustaka (1).pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Depi Dasmal, NIM 2120090005, “Pembinaan Kinerja Guru Madrasah Melalui Pengembangan Supervisi Akademik Berbasis AMAL di Sumatera Barat”, Disertasi, Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Program Studi Pendidikan Islam, 2024 Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah implementasi supervisi akademik di madrasah Provinsi Sumatera Barat belum optimal, humanis, sistematis, dan terukur yang berakibat terhadap kinerja guru belum bernilai baik. Peningkatan kinerja guru dengan kompetensinya dapat dipengaruhi oleh pembinaan dan pembimbingan kepala dan pengawas pembina yang ditunjuk oleh Pejabat yang berwenang. Diantara bentuk pembinaan itu adalah pelaksanaan supervisi akademik. Supervisi akademik dilaksanakan untuk membantu dan melayani guru dalam perbaikan pembelajaran, pengembangan karir guru, sekaligus peningkatan kualitas lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik yang sudah dilaksanakan di madrasah Sumatera Barat, 2) pentingnya pengembangan model supervisi akademik berbasis AMAL (Approach, Management, Ability, Leadership) dalam pembinaan kinerja guru, 3) menguji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan model supervisi akademik berbasis AMAL diterapkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dikembangkan Morrison Ross dan Kemp. Penggunaan model ini dikarenakan peneletian ini menghasilkan suatu produk untuk diujicobakan sebagai pertimbangan kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan produk. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dan wawancara, kemudian diolah dengan pendekatan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi akademik di lapangan belum optimal dan belum memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja guru, sehingga perlu dirancang model supervisi akademik berbasis AMAL sesuai dengan kebutuhan guru dan kontekstual madrasah. Desain produk yang dirancang dan dihasilkan pada tahap pengembangan berupa buku model dan SOP. Kedua produk tersebut dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi dari ahli menunjukan bahwa produk ini sangat valid dari sudut konten/isi, desain, dan bahasa. Hasil uji coba menunjukan bahwa model supervisi akademik berbasis AMAL sangat layak digunakan, juga halnya uji praktikalitas dan efektifitas menunjukan model ini sangat praktis dan efektif digunakan dalam pelaksanaan supervisi akademik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Kinerja Guru, Supervisi Akademik, Berbasis AMAL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:12
Last Modified: 19 Sep 2024 06:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23187

Actions (login required)

View Item View Item