Ismail, Taufik (2024) Pengembangan e-modul merdeka belajar berbasis blended learning dengan facebook (mbl-fb) pada pelajaran fisika terhadap kemampuan literasi sains peserta didik sma/ma. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
cover-daftar isi taufik ismail (2).pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
skripsi mail 30 agustus 2024-11-21.pdf Download (384kB) |
|
Text (Bab 3)
skripsi mail 30 agustus 2024-57-69.pdf Download (437kB) |
|
Text (Bab 5)
skripsi mail 30 agustus 2024-95-101.pdf Download (354kB) |
|
Text (Full text)
cover-daftar pustaka taufik ismail.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Taufik Ismail, NIM, 1814080070, Pengembangan E-Modul Merdeka Belajar Berbasis Blended Learning Dengan Facebook (MBL-FB) Pada Pelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA. Skripsi: Tadris Fisika, Program Sarjana Universitas UIN Imam Bonjol Padang, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains peserta didik saat ini, Di era teknologi yang semakin canggih membuat peserta didik semakin lalai sehingga dapat mempengaruhi kualitas literasi sains peserta didik. Maka pengguna bahan ajar berupa E-Modul Fisika berbasis Blended Learning merupakan solusi untuk mengkongkritkan pelajaran fisika sehingga membantu peserta didik terkoneksi dengan cepat pada materi Kinematika gerak lurus lengkap dengan penjelasan nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan E-Modul Merdeka belajar berbasis Blended Learning dengan facebook (Mbl-fb) Pada pelajaran fisika Terhadap kemampuan Literasi sains Peserta Didik yang valid,dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: penellitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development of prototype phase) dan tahap penilaian (assesment phase). Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan 2 tahap yaitu: analisis kebutuhan, dan analisis literatur (analisis kurikulum dan analisis bahan ajar). Pada tahap pengembangan prototipe, dilakukan perancangan terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang ahli. Dari aspek kelayakan materi, bahasa dan konstruksi menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba oleh seorang pendidik fisika di SMA Negeri 2 Koto IX Tarusan dan 20 orang peserta didik kelas Fase F5 untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas. Hasil penilaian menunjukkan bahwa Pengembangan E-modul Medeka Berbasis Blended Learning dengan bantuan Facebook (MBL-FB) pada pelajaran fisika terhadap kemampuan literasi sains Peserta Didik” menghasilkan e-modul yang sangat valid dan sangat praktis. Hasil penilaian menunjukkan validitas materi/isi 86%, validitas bahasa 92%, dan validitas konstruksi 80%, dengan rata-rata nilai validitas 86%, nilai praktikalitas pendidik 92% dan nilai praktikalitas peserta didik 87,7%. Nilai rata-rata praktikaliatas persentase yaitu 89,8% merupakan kategori sangat valid. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul telah dinilai layak dan dapat digunakan selama proses pembelajaran dan membantu siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, blended learning, mbl-fb, literasi sains |
Subjects: | U Umum (General) > Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 00:32 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 00:32 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23142 |
Actions (login required)
View Item |