Jannah, Miftahul (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA/MA FASE F. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover- Daftar Isi)
Cover- Daftar Isi.pdf - Published Version Download (563kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text (BAB V - DAPUS)
BAB V- DAPUS.pdf - Published Version Download (293kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Download (9MB) |
Abstract
Miftahul Jannah, NIM 2014080034, Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA Fase F. Skripsi: Tadris Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang, 2024 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan oleh bahan ajar yang yang monoton dan kurang sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Modul elektronik ini sangat penting dalam pembelajaran karena peserta didik fase f dibebaskan untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing diri peserta didik. Modul elektronik ini disajikan sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat belajar dari mana saja tanpa bimbingan langsung dari pendidik. Sebab di abad 21 ini peserta didik harus lebih aktif dan mampu berpikir kritis. Namun kenyataan dilapangan menunjukkan kemampuan berpikir kritis peserta didik belum membawa hasil yang mengembirakan.Usaha untuk mengatasi masalah tersebut dalam pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kemajuan teknologi salah satunya dengan mengembangkan modul elektronik berdiferensiasi dengan berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Dengan pembelajaran berdiferensiasi peserta didik lebih aktif dan berpikir secara kritis dikarenakan disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik serta bisa menyelasaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik fisika berbasis pembelajaran berdiferensiasi yang valid, praktis, efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan lembar observasi. Uji validitas produk diberikan kepada 3 orang validator ahli yang menilai kelayakan materi, kelayakan bahasa dan kelayakan konstruksi. Uji praktikalitas produk diberikan kepada 1 orang pendidik Fisika dan 37 orang peserta didik kelas XI F 2 MAN 1 Padang Pariaman. Analisis data angket dilakukan secara kuatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Elektronik Fisika Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi sangat valid, sangat praktis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kevalidan Modul elektronik tersebut mempunyai rata-rata 86,00 % dengan kategori sangat valid. Kepraktisan modul elektronik tersebut mempunyai nilai rata-rata 90,17%. Keefektifan modul elektronik mempunyai rata-rata 84,6%. Dari hasil penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa modul elektronik fisika berbasis pembelajaran berdiferensiasi memenuhi persyaratan dengan kualitas valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Modul Elektronik, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 06:50 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 06:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23125 |
Actions (login required)
View Item |