Hartika, Yuli (2024) Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas IV SDN 37 Anduring Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
Cover sampai Daftar Isi.pdf - Published Version Download (880kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (534kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (743kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (596kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SDN 37 Anduring Padang yang masih rendah. Berdasarkan keterampilan awal menulis karangan narasi bahwa dari 20 peserta didik di kelas IV, sebanyak 8 peserta didik yang tuntas mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dan sebanyak 12 peserta didik yang tidak tuntas. Bendahnya keterampilan menulis karangan narasi juga disebabkan oleh kurangnya pelatihan dalam menulis karangan narasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pemelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 37 Anduring. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperiment (eksperimen semu). Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Desaign, pada desain ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perlakuan yang diberikan di kelas eksperimen adalah penyajian materi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentenc sedangkan pada kelas kontrol penyajian materi pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, menggunakan uji-t. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor data post-test menulis karangan narasi peserta didik di kelas IV SDN 37 Anduring lebih besar dari skor pre-test peserta didik. Berdasarkan uji-t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 4,533 dan ttabel = 2,032, sehingga thitung > ttabel (3,217 > 2,032 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SDN 37 Anduring dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Concept Sentence, Keterampilan Menulis Karangan Narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:18 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:18 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22698 |
Actions (login required)
View Item |