Fitri, Wilda Aries (2024) Pengembangan E-Modul Merdeka Belajar Berbasis Blended Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover-daftar isi_Wilda)
cover- daftar isi _ Wilda.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1_Wilda)
Bab 1 _Wilda.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text (Bab III_wilda)
Bab III _wilda.pdf - Published Version Download (468kB) |
|
Text (Bab V-dapus_Wilda)
Bab V-dapus _ Wilda.pdf - Published Version Download (357kB) |
|
Text (Skripsi full-text Wilda Aries Fitri)
Skripsi full-text Wilda Aries Fitri.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Wilda Aries Fitri, NIM. 2014080002, Pengembangan E-Modul Merdeka Belajar Berbasis Blended Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Madrasah Aliyah. Skripsi: Tadris Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik.Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Diantara kebiasaan belajar yang masih bergantung kepada pendidik yang masih menggunakan model dan bahan yang kurang sesuai selama proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik tidak mampu memahami pelajaran fisika yang dikenal sulit dan membosankan Maka penggunaan bahan ajar berupa E-Modul merdeka belajar berbasis blended learning merupakan solusi untuk mengkongkritkan pelajaran fisika sehingga membantu peserta didik terkoneksi dengan cepat pada materi energi terbarukan lengkap dengan penjelasannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan E-Modul merdeka belajar berbasis blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis Peserta Didik Madrasah Aliyah yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: preliminary research, Prototype phase, dan assesment phase. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan dan analisis literatur. Pada tahap development Prototype phase dilakukan perancangan terhadap E-modul merdeka belajar berbasis blended learning yang terlebih dahulu di validasi oleh tiga orang ahli. Dari aspek kelayakan materi, konstruksi dan bahasa menggunakan angket validasi.Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba kepada pendidik dan peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Uji efektivitas diberikan tes kepada 28 orang peserta didik untuk dilihat nilai aspek keterampilan berpikir kritis setelah menggunakan produk. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa E-Modul merdeka belajar berbasis blended learning sangat valid, sangat praktis,sangat efektif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kevalidan E-modul tersebut mempunyai rata-rata 86,5% dari segi materi/isi 87,5%,media 80% dan bahasa 92% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan E-modul tersebut mempunyai nilai rata-rata 90,5% dengan kategori sangat praktis, dengan aspek pendidik 93% dan peserta didik 88%. Keefektivitas E-modul mempunyai kategori sangat efektif dengan rata-rata-rata 88% dari indikator berpikir kritis.Maka dapat disimpulkan bahwa E-modul merdeka belajar berbasis blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik Madrasah Aliyah sangat valid,praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, E-Modul Merdeka Belajar, Blended Learning, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | U Umum (General) > Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:49 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:49 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22559 |
Actions (login required)
View Item |