Pengembangan E-LKPD Fisika Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA/MA

Hidayatul, Merlin (2024) Pengembangan E-LKPD Fisika Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT_Merlin Hidayatul Alhamdulillah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Fisika Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA/MA, dengan kualitas valid dan praktis. Pengembangan E-LKPD mengikuti langkah Model Plomp, dengan tahapan pleminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Pada pengembangan tahap prototipe digunakan untuk menilai validitas produk dari segi isi/materi, konstruksi dan bahasa yang dinilai oleh dosen ahli. Data praktikalitas penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan angket praktikalitas pendidik dan peserta didik SMA Negeri 1 Sutera. Hasil penilaian menunjukkan bahwa E-LKPD Fisika sudah Valid dari aspek isi, konstruk dan bahasa, dengan rata rata hasil uji validitas adalah 85%. Uji kepraktisan produk oleh praktisi untuk aspek keterbacaan dan kemudahan penggunaan E-LKPD sudah termasuk ketegori sangat praktis dengan skor rata-rata 91,88%. Sedangkan keterlaksanaan E-LKPD Fisika dinilai oleh dua orang observer dengan nilai rata-rata 3,78% dengan kategori sangat praktis dan Percentages Of Agreements 90,38% dengan kategori Very Good Agreement. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa E-LKPD Fisika Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik sudah memenuhi persyaratan E-LKPD yang baik dari aspek valid dan praktis, sehingga bisa digunakan sebagai bahan ajar oleh peserta didik dalam pembelajaran untuk materi pemanasan global di kelas X SMA/MA dan bisa di ujicobakan pada tahap efektifitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: U Umum (General) > Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:15
Last Modified: 03 Sep 2024 07:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22420

Actions (login required)

View Item View Item