Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Minat Belajar Peserta Didik SD/MI

Indriani, Ilva (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Minat Belajar Peserta Didik SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi ILFA.pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ILFA.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III ILFA.pdf - Published Version

Download (560kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V ILFA_merged.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI ILVA INDRIANI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik yang disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya seperti kurangnya pengetahuan pendidik dalam memanfaatkan teknologi, serta pendidik belum mampu mengembangkan media pembelajaran inovatif yang dapat menarik perhatian peserta didik. Sehingga peserta didik sulit dalam memahami materi. Kemampuan minat belajar peserta didik yang rendah akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Upaya dalam mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada minat belajar PPKn peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada minat belajar peserta didik kelas V khususnya pada pembelajaran PPKn. Serta mengetahui kualitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline ini pada aspek validitas dan praktikalitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pengembangan Research and Development, dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu yang pertama Pendefenisian/Define, kedua Perancangan/Design, ketiga Pengembangan/Develop dan keempat Penyebaran/Dessiminate. Namun peneliti membatasi penelitian ini sampai pada tahap pengembangan/develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi, dan angket praktikalitas. Uji validasi media pembelajaran interaktif Articulatulate Storyline diberikan kepada 3 orang validator ahli, dinilai dari aspek bahasa, aspek media, dan aspek materi. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 11 orang peserta didik di MIN 9 Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline sudah sangat valid diperoleh rata-rata 89% dan sangat praktis terhadap minat belajar peserta didik. Media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dinyatakan sangat valid dari segi bahasa,materi dan media sehingga diperoleh rata-rata 89 % dengan kategori sangat valid.Kepraktisan media interaktif berbasis articulate storyline diperoleh rata-rata 90,5% dan 88 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada minat belajar PPKn kelas V dikategorikan sangat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline, Minat Belajar PPKn
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:19
Last Modified: 03 Sep 2024 02:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22278

Actions (login required)

View Item View Item