Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/ MA

Vyendra, Aldi Diel (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/ MA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover)
ALDI DIEL VYENDRA 1914080047, COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (fulltext)
ALDI DIEL VYENDRA 1914080047, SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa akan berdampak pada hasil belajar. Penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis adalah dari bahan ajar yang digunakan kurang menarik bagi siswa, pelaksanaan pembelajaran belum optimal dan masih bersifat konvensional. Maka dari itu perlunya mengembangkan suatu bahan ajar yang inovatif dan mendukung proses pembelajaran yang gunanya untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Salah satunya untuk menunjang dan membantu kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan mengembangkan modul pembelajaran berbasis discovery learning yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah-langkah model Plomp. Tahapan pengembangan adalah preliminary research, prototyping phase, and assessment phase. Pada preliminary research dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan dan analisis literatur. Prototyping phase terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototipe, melakukan evaluasi formatif, dan revisi prototipe. Evaluasi formatif dilakukan untuk mengetahui kevalidan prototipe modul pembelajaran berbasis discovery learning. Assesment phase dilakukan untuk mendapatkan model yang valid dan praktis melalui uji coba terbatas pada pembelajaran fisika. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan wawancara yang terdiri dari 1 orang pendidik dan 25 orang peserta didik kelas XI.F.2 di MAN 1 Padang. Analisis data angket dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul pembelajaran berbasis discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis sudah memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil validitas dari ahli menunjukkan bahwa modul pembelajaran sangat valid dari aspek isi, kontruksi dan bahasa. Dilihat dari uji kevalidan dari segi materi 87,3%, segi media 80% dan dari segi bahasa 92%. Dan hasil praktikalitas menunjukkan bahwa modul pembelajaran sangat praktis dari pendidik dan peserta didik. Dilihat dari uji praktikalitas pendidik 92% dan dari uji praktikalitas peserta didik 86%. Hasil uji coba keterlaksanaan pendidik 75% dan hasil uji coba keterlaksanaan peserta didik 71,4% menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis bisa dilaksanakan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Berbasis Dicsovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat valid dan sangat praktis yang bisa digunakan sebagai bahan ajar pada SMA/ MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 02 Sep 2024 22:13
Last Modified: 02 Sep 2024 22:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22096

Actions (login required)

View Item View Item