Kholila, Mia Zahra (2024) Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover dll)
mia_2014070070_cover daftar isi.pdf - Published Version Download (906kB) |
|
Text (BAB I MIA)
BAB 1 MIA.pdf - Published Version Download (637kB) |
|
Text (BAB III MIA)
BAB III MIA.pdf - Published Version Download (647kB) |
|
Text (BAB V+DAFTAR PUSTAKA)
BAB V + DAFTAR PUSTAKA MIA.pdf - Published Version Download (480kB) |
|
Text (Fulltext)
mia_2014070070_skripsifulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik ini disebabkan karena, model pembelajaran yang dipakai pendidik kurang bervariasi dan hanya menggunakan buku pegangan yang ada, dan peserta didik disini cuma menyimak dan membaca materi, tidak dirangsang untuk berpikir kreatif, sehingga tidak terbiasa mengemukakan dan merealisasikan ide-idenya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul ajar berbasis Contextual Teaching and Learning yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu mulai dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Dessiminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Validitas, Angket Praktikalitas, serta soal tes Efektivitas. Uji Validitas diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, bahasa dan media. Uji Praktikalitas diberikan diberikan kepada satu orang pendidik dan 29 orang peserta didik kelas IV C dinilai dari aspek waktu dan kemudahan penggunaannya. Uji Efektivitas diberikan kepada 29 peserta didik kelas IV C MIN Kota Bukittinggi dilihat dari aspek berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produk berupa modul ajar berbasis CTL valid, praktis dan efektif. Hasil validitas menunjukkan sangat valid dengan skor 89% dengan persentase kelayakan materi 96%, kelayakan bahasa 91% dan kelayakan media 80%. Uji praktikalitas produk 84% kategori sangat praktis. Sedangkan uji efektivitas dikategori efektif dengan skor rata-rata 80%. Modul ajar sudah memenuhi kualitas produk yang Valid, Praktis, Efektif dan dapat digunakan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Ajar, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 10:04 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 10:04 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21912 |
Actions (login required)
View Item |