Sardianto, Dedi (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Madrasah Aliyah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
Dedi Sardianto NIM 2020090022 Cover+Daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
Dedi Sardianto NIM 2020090022 BAB I.pdf - Published Version Download (6MB) |
|
Text (BAB III)
Dedi Sardianto NIM 2020090022 BAB III.pdf - Published Version Download (6MB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Dedi Sardianto NIM 2020090022 BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (370kB) |
|
Text (Full Text Disertasi)
Dedi Sardianto NIM 2020090022 Full Text Disertasi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dedi Sardianto, NIM 2020090022, Pengembangan Model pembelajaran bahasa Arab Komunikatif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Madrasah Aliyah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Disertasi Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2024. Salah satu isu krusial dalam pembelajaran bahasa Arab adalah pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Kota Sungai Penuh yang belum optimal dalam pencapaian tujuan komunikatif pembelajaran bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian hasil belajar peserta didik yang masih belum memuaskan. Di mana untuk mencapai tujuan komunikatif ini, peserta didik harus menguasai kompetensi-kompetensi komunikatif dalam berbahasa Arab. Penyebab utama kurang optimalnya pencapaian kompetensi komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab adalah belum adanya model pembelajaran yang mampu mengaktualisasikan kehidupan peserta didik dengan materi pembelajaran bahasa Arab. Inilah yang melatarbelakangi perlunya Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mendeskripsikan tentang: 1) Pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah kota Sungai Penuh Provinsi Jambi 2) Desain Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Madrasah Aliyah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi 3) Validitas, praktikalitas, efektivitas desain Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Madrasah Aliyah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Four D Thiagarajan, dkk yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Madrasah Aliyah (MA) di Kota Sungai Penuh. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Temuan dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pengembangan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab belum diterapkan seutuhnya sesuai dengan Langkah-langkah dan tahapan model. 2) Ditemukannya Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang terdiri dari empat langkah, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 3) Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Madrasah Aliyah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi telah memenuhi unsur validitas, praktikalitas dan efektivitas.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, model pembelajaran, bahasa Arab, pendekatan komunikatif, contextual teaching and learning (CTL), kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 00:30 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 00:30 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21755 |
Actions (login required)
View Item |