Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N 06 Durian Tarung

Putri, della pratama (2024) Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N 06 Durian Tarung. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (463kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL DELLA PRATAMA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kreativitas peserta didik yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V SD N 06 Durian Tarung di antaranya yaitu, pemilihan media pembelajaran oleh pendidik yang kurang efisien sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan kreativitas belajar peserta didik. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan itu adalah dengan menerapkan media pembelajaran Wordwall terhadap kreativitas belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media pembelajaran Wordwall, untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa menggunakan media pembelajaran Wordwall, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan kreativitas belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall dengan tidak menggunakan media pembelajaran Wordwall di kelas V SD N 06 Durian Tarung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N 06 Durian Tarung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Total sampling. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Wordwall efektif dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik yang ditandai dengan beberapa hal, pada kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall peningkatan kreativitas belajar berada pada kategori sangat tinggi sementara pada kelas kontrol berada pada kategori rendah, dengan pengujian hipotesis dan uji N-Gain terbukti juga bahwa kreativitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall lebih tinggi atau terdapat perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran dan Kreativitas Belajar
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:33
Last Modified: 28 Aug 2024 08:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item