Ramadhani, Hesti (2024) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Model ICARE terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV SDN 05 Mungo Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover sampai daftar isi)
Cover sampai Daftar Isi.pdf - Published Version Download (479kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I ok.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II ok.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III ok.pdf - Published Version Download (220kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV ok.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text (BAB V-DAPUS)
BAB V ok.pdf - Published Version Download (229kB) |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI HESTI RAMADHANI 2014070003.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya berpikir kreatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia hal ini dilihat dari pembelajaran yang berpusat pada guru pendidik lebih sering membacakan materi pembelajaran, kurangnya penyusunan media pembelajaran, pendidik cenderung menggunakan buku ajar cetak, dimana satu buku dipakai untuk dua orang peserta didik. sehingga peserta didik kurang memperhatikan dan konsentrasi saat belajar, serta buku tersebut tidak diperbolehkan untuk dibawa ke rumah. Kedua permasalahan tersebut dapat mengakibatkan turunnya berpikir kreatif peserta didik. Upaya untuk mengatasi hal tersebut peneliti mengembangakan bahan ajar Bahasa Indonesia Berbasis Model ICARE, Introduction, Connection, Applycation, Reflection, Extendtion terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik berdasarkan kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE Analyze, Design,Develop, Implement, Evaluate. Penelitian ini dilakukan di SDN 05 Mungo, dengan subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV sebanyak 10-16 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi dan angket praktikalitas. Uji validasi bahan ajar diberikan kepada 4 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi, media dan validator instrumen. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 16 orang peserta didik di SDN 05 Mungo Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Produk bahan ajar Berbasis Model ICARE terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV SD/MI, (2) Kualitas produk dinilai berdasarkan 2 kriteria yaitu valid dan praktis . Kriteria kevalidan diperoleh dari validasi instrumen penelitian sebesar 94% (sangat layak) validasi bahasa sebesar 93% (sangat layak) validasi media sebesar 95% (sangat layak) validasi materi 88% (sangat layak). Keriteria kepraktisan diperoleh dari angket validasi kepraktisan pendidik sebesar 93% (sangat praktis) angket respon pendidik sebesar 88% (sangat praktis) dan angket respon peserta didik sebesar 91% (sangat praktis). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Model ICARE Terhadap Berpikir Kreatif Peseeta Didik dikategorikan sangat valid dan sangat praktis serta dapat mengatasai kurangnya berpikir kreatif peserta didik didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Bahan Ajar, Bahasa Indonesia, Model ICARE, Berpikir Kreatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Bahasa Indonesia, Model ICARE, Berpikir Kreatif. |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:21 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:21 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21612 |
Actions (login required)
View Item |