Siregar, Sri Minta Ito (2024) Implementasi Media Tangram Dalam Optimalisasi Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Geometri Kelas 2 MIN 1 AGAM. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (BAB III)
BAB III watermark new.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (BAB V-DAPUS)
BAB V - Dapus watermark.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (skripsi full text)
Skripsi full text watermark.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (COVER-DAFTAR ISI)
Cover - Daftar isi new.pdf Download (567kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I perbaikan watermark.pdf Download (341kB) |
Abstract
Implementasi Media Tangram Dalam Optimalisasi Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Geometri Kelas 2 MIN 1 Agam ditulis oleh Sri Minta Ito Siregar, NIM 2014070013, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Tahun 1446 H/2024 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya konsentrasi peserta didik sehingga hasil belajar dalam pembelajaran khususnya materi geomerti masih dibawah KKM. Pendidik sudah menjelaskan materi pembelajaran dan cara membuat media tangram namun sebagian peserta didik masih tidak memahami apa yang dijelaskan pendidik. Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil penerapan media tangram dalam otimalisasi konsentrasi belajar peserta didik pada materi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi RPP pendidik, observasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan media tangram, instrumen Konsentrasi belajar peserta didik, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pendidik dalam pembelajaran materi geometri menggunakan media tangram dengan mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan media pembelajaran secara manual, dan mempersiapkan materi yang relevan, pendidik telah menunjukkan komitmen untuk memastikan peserta didik memahami materi geometri (2) pelaksanaan pembelajaran dengan pembentukan kelompok belajar, keterampilan bertanya, evaluasi yang dilakukan oleh pendidik telah mendorong keterlibatan aktif peserta didik.(3) hasil belajar menunjukkan peningkatan konsentrasi, peningkatan tersebut antara lain konsentrasi perhatian, sambutan lisan, mampu memberikan pernyataan, menjawab dan sambutan pikomotorik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi,Media Tangram,Konsentrasi Belajar |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 05:14 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 05:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21516 |
Actions (login required)
View Item |