Pengembangan Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Berbasis Cooperative Learning Dalam Membentuk Karakter Religius dan Demokratis Siswa SMK Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi

Ahdanan, Ahdanan (2024) Pengembangan Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Berbasis Cooperative Learning Dalam Membentuk Karakter Religius dan Demokratis Siswa SMK Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Ahdanan. 2020090034. Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Ahdanan. 2020090034. BAB I.pdf

Download (869kB)
[img] Text (BAB III)
Ahdanan. 2020090034. BAB III.pdf

Download (792kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Ahdanan. 2020090034. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (550kB)
[img] Text (Fulltext)
Ahdanan. 2020090034. FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhamadiyahan merupakan ciri khusus disetiap lembaga pendidkan Muhammadiyah, dituntut untuk mampu membentuk karakter religius dan demokratis, yaitu siswa yang taat dalam beribadah, berakhlaqul karimah, cerdas, produktif, kreatif, inovatif, jujur, adil, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), mampu menjaga keharmonisan secara personal dan sosial, cinta tanah air, saling menghormati, menghargai perbedaan demi kemaslahatan agama, bangsa dan negara, memiliki kesadaran untuk mengamalkan ajaran Islam, serta mendakwahkannya secara teroganisasi sesuai dengan petunjuk Al-quran dan Sunnah. Namun pada kenyataannya saat ini siswa semakin jauh dari nilai-nilai ketaqwaan dan moralitasnya, tidak ada rasa tanggung jawab atas kewajiban dalam beragama, munculnya prilaku yang merusak diri, pergaulan bebas, dan hilangnya budaya saling menghargai, saling menghormati dan ketidak jujuran dikalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang telah dilaksanakan dalam membentuk karakter religius dan demokratis siswa di SMK Muhammadiyah Cerenti. 2) Konstruksi pengembangan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis Cooperative learning dalam membentuk karakter religius dan demokratis siswa di SMK Muhammadiyah Cerenti. 3) melakukan Validitas, praktikalitas dan efektifitas pengembangan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis Cooperative learning dalam membentuk karakter religius dan demokratis siswa di SMK Muhammadiyah Cerenti. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Developmen (R&D), dengan pertimbangan bahwa penelitian ini bertujuan mengembangan produk baru dalam pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Prosedur pengembangan yang digunakan mengacu kepada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Temuan peneliti dalam penelitian pengembangan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis Cooperative Learning dalam membentuk karakter religius dan demokratis siswa SMK Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi adalah sebagai beriku: 1) Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dilakukan di SMK Muhmmadiyah Cerenti belum beorientasi kepada tiga kopentesi karakter yang telah ditetapkan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah, berupa kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. 2) Pengembangan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis Cooperative Learning dalam membentuk karakter religius dan demokratis siswa di SMK Muhammadiyah Cerenti, dapat dilakukan dengan cara : (a) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning pada pembejaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan, mulai dari perencanaan, proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. (b) Dalam membentuk Karakter Religius dan Demokartis dalam proses pembekaran mengedepankan aspek keteladanan (Uswah) dari semua komponen sekolah, pembiasaan (At-Thariqah) berperilaku baik, tata tertib sebagai penanaman nilai disiplin, kerjasama sekolah dengan keluarga, dan menciptakan budaya sekolah. 3) Pengembangan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Berbasis Cooperative Learning dalam membentuk karakter religius dan demokratis siswa SMK Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, sudah memenuhi unsur validitas, praktikalitas, dan efektifitas, sehingga sangat efektif untuk digunakan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Cooperative Learning, Karakter Religius, SMK Muhammadiyah Cerenti
Subjects: Agama Islam > Akhlak
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Muslim, Orang Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:49
Last Modified: 01 Apr 2024 06:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21146

Actions (login required)

View Item View Item