Pengaruh Model VARK (Visual, Auditory, Read Write, Kinesthetic) Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Peserta Didik Kelas II MIN 6 Pesisir Selatan

Aizu, Tasya Salsabila (2024) Pengaruh Model VARK (Visual, Auditory, Read Write, Kinesthetic) Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Peserta Didik Kelas II MIN 6 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (File Cover-Daftar Isi Tasya Salsabila Aizu 2014070051)
File Cover-Daftar Isi Tasya Salsabila Aizu 2014070051.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (File BAB I Tasya Salsabila Aizu 2014070051)
File BAB I Tasya Salsabila Aizu 2014070051.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (File BAB III Tasya Salsabila Aizu 2014070051)
File BAB III Tasya Salsabila Aizu 2014070051.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (File BAB V -Daftar Pustaka Tasya Salsabila Aizu 2014070051)
File BAB V dan Daftar Pustaka Tasya salsabila aizu 2014070051.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (File Full Text Tasya Salsabila Aizu 2014070051)
File Full Text Tasya salsabila aizu 2014070051.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis permulaan peserta didik masih rendah. Hal ini terjadi diantarannya peserta didik menulis bentuk huruf kurang rapi, kurang jelas, kadang berbentuk coretan tidak jelas,malas menulis, kesulitan membedakan huruf b dan d, menulis hurufnya tidak sampai seperti “sekola” huruf “h” nya tertinggal, menulis dengan huruf terbalik dan pendidik belum banyak menggunakan variasi model pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan model VARK (Visual, Auditory, Read Write, Kinesthetic). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan dan pengaruh model VARK terhadap keterampilan menulis permulaan peserta didik kelas II MIN 6 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II MIN 6 Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Kelas II B sebagai kelas eksperimen dan Kelas II C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes isian. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dengan treatment uji-t dan uji N-Gain menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test 70,94 % dan rata-rata nilsi post-test meningkat menjadi 90,12 %. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji T diketahui t_( hitung) 6,389 > t_( tabel) 2,042, dan berdasarkan hasil output uji N-Gain memperoleh nilai 3,66 > 1, maka H_a diterima dan H_o ditolak. Artinya bahwa terdapat pengaruh model VARK terhadap keterampilan menulis permulaan peserta didik pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKN kelas II MIN 6 Pesisir Selatan Kata kunci : Model VARK (Visual, Auditory, Read Write, Kinesthetic), Keterampilan Menulis permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model VARK (Visual, Auditory, Read Write, Kinesthetic), Keterampilan Menulis permulaan.
Subjects: U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:12
Last Modified: 01 Apr 2024 04:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21108

Actions (login required)

View Item View Item