Rizky, Miftahul (2024) Peran Guru dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER - DAFTAR ISI)
IIF COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version Download (297kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III (1).pdf - Published Version Download (63kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V (1).pdf - Published Version Download (136kB) |
|
Text (Fulltext)
IIF COVER (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ingin mengetahui Profil Pancasila yang diterapkan di sekolah (1) Penelitian Ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan implementasi Profil Pelajar pancasila pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 24 Padang. (2) Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran guru IPS dalam mengimplentasikan Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 24 Padang (3) Penelitian Ini dilakukan untuk mengetahui kendala guru IPS dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 24 Padang. Metode Penelitian ini adalah kualitatif sumber datanya diambil dari dokumentasi, observasi dan wawancara kepada pendidik dan peserta didik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan objek yang diteliti sebagaimana adanya, sesuai data yang didapatkan di lapangan. Teknik analisis data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa SMP Negeri 24 Padang telah berusaha (1) Pelaksanaan implementasi nilai-nilai pancasila di SMP Negeri 24 Padang yaitu dilakukan dengan penerapannya kepada semua pihak sekolah. Beberapa memakai cara atau taktik yang dibuat baik melalui peraturan atau program dalam melaksanakannya (2) Peran guru IPS dalam mengimplementasikan nilai-nilai pada mata pelajaran IPS dilaksanakan dengan baik, terutama peran guru IPS yang muncul sebagai pendidik dan pengajar yang mana melakukan kesiapan dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran (3) Kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila yakni ada berasal dari Internal contohnya, masih ada terdapat peserta didik yang belum melaksanakan Profil Pancasila padahal di SMP Negeri 24 Padang telah menerapkan Profil Pancasila tersebut dan eksternal diri siswa contohnya, lingkungan peserta didik yang tidak terdapat penerapan profil Pancasila sehingga peserta didik menjadi mengikuti situasi lingkungan dikarenakan tidak kuatnya kompeten dalam diri dari peserta didik. Kata Kunci: Peran Guru IPS, Implementasi, Profil Pancasila
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru IPS, Implementasi, Profil Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 31 Mar 2024 23:58 |
Last Modified: | 31 Mar 2024 23:58 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21093 |
Actions (login required)
View Item |