Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture di SMP N 1 Kubung Kab. Solok

Yulda, Alke Fantoni Pratama (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture di SMP N 1 Kubung Kab. Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover)
cover yy (2).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I akleee.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III AKLEE.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V AKLEE.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (FULL TEKS BAB 1 - 5)
DAFTAR ISI alke.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan model pembelajaran IPS yang masih minin dengan model pembelajaran. Padahal kondisi saat ini sudah banyak model model yang ada di dalam pembelaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1)) Dapat mengetahui rancangan pembelajaran IPS dengan menggunakan model ajar picture and picture dalam pembelajaran IPS kelas VIII. (2) Menganalisis proses pembelajaran model ajar picture and picture dalam pembelajaran IPSkelas VIII. (3) Membahas hasil belajar dan menggunakan model ajar picture and picture dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan kelas (PTK), penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus ada perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dengan rancangan post-test only. Subjek penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII- 4. Solok yang berjumlah 26 orang. Data kualitatif berupa lembar feedback model, komponen guru dan peserta didik dan soal posttest disetiap akhir siklus. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari presentase ketuntasan hasil belajar peserta, lembar feedback model, komponen guru, dan peserta didik. Peningkatan hasil belajar yang diperoleh hasil post-test peserta didik menggunakan model cooperative learning tipe picture and picture. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Susunan rancangan pembelajaran melalui media gambar yang di print out berbasis picture and picture (2) pelaksanaan sesuai dengan rancangan yang telah disusun kemudian dilaksanakan dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture dan masih ditemukan kendala kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran. (3) Ditemukan peningkatan hasil belajar dari siklus I dan Siklus II menggunakan dari presentase ketuntasan siklus I 19,23% dengan nilai rata-rata 66,15% dan siklus II 84,61% dengan nilai rata-rata 86,61%. Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 23:53
Last Modified: 31 Mar 2024 23:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21085

Actions (login required)

View Item View Item