Fitriana, Fitriana (2024) Pelaksanaan Ibadah Shalat Zhuhur Berjama’ah pada Anak Tunagrahita di SMPLB YPPLB Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover sampai Daftar Isi)
Fitriana NIM. 1914010104. Cover sampai Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Fitriana. NIM. 1914010104. BAB I.pdf - Published Version Download (699kB) |
|
Text (BAB III)
Fitriana. NIM. 1914010104. BAB III.pdf - Published Version Download (396kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Fitriana. NIM. 1914010104. BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (832kB) |
|
Text (Full Text)
Fitriana. NIM. 1914010104. Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum pahamnya anak tunagrahita tentang tata cara ibadah shalat zhuhur berjama’ah. Permasalahan pada penelitian ini, Pertama, pemahaman anak tunagrahita terkait tata cara pelaksanaan ibadah shalat masih rendah. Kedua, anak tuna grahita kurang konsentrasi saat melaksanakan shalat. Ketiga, Anak tunagrahita mengalami kesulitan pada saat melaksanakan ibadah shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemahaman anak tunagrahita terkait tata cara ibadah shalat zhuhur berjama’ah. Mengetahui perencanaan ibadah shalat zhuhur berjama’ah pada anak tunagrahita. Mengetahui pelaksanaan ibadah shalat zhuhur berjama’ah pada anak tunagrahita. Mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh anak tunagrahita pada saat pelaksanaan ibadah shalat zhuhur berjama’ah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang peneliti gunakan penelitian lapangan. Penulis mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan cara melaksanakan riset lapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan wawancara mendalam dengan partisipan penelitian yang ditujukan kepada kepala sekolah, wali kelas, dan anak tunagrahita, serta analisis dokumen terkait. Adapun teknik analisis data diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, perencanaan ibadah shalat zhuhur berjama’ah pada anak tunagrahita yaitu pendidik memberikan pemahaman kepada anak tunagrahita terkait tata cara shalat yang benar. Pendidik melatih shalat anak tunagrahita dengan cara melakukan praktik langsung di mushola. Pendidik secara konsisten membentuk rutinitas harian yang mencakup waktu untuk ibadah shalat. Kedua, pelaksanaan ibadah shalat zhuhur berjama’ah pada anak tunagrahita di SMPLB YPPLB Padang, Anak Tunagrahita memiliki kecerdasan dibawah rata-rata sehingga mereka masih ada yang belum bisa melakukan gerakan dan melafalkan bacaan shalat dengan baik dan benar. Walaupun demikian pendidik tetap membimbing dan mengawasi anak tunagrahita pada saat melaksanakan ibadah shalat. Ketiga, kesulitan yang dihadapi oleh anak tunagrahita, Anak tunagrahita sulit mengingat gerakan dan bacaan shalat dikarenakan mereka memiliki kemampuan daya ingat yang pendek. Anak tunagrahita mudah kehilangan konsentrasi, serta anak tunagrahita mengalami kesulitan dalam komunikasi dan bahasa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan, shalat, Anak Tunagrahita |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 31 Mar 2024 05:06 |
Last Modified: | 31 Mar 2024 05:07 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21052 |
Actions (login required)
View Item |