Pratama, Wifqi Ananda (2024) Upaya Guru IPS dalam Menanamkan Sikap Empati dan Kepedulian Sosial Kepada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Padang Panjang. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
COVER WFQI.pdf - Published Version Download (951kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I WIFQI.pdf - Published Version Download (249kB) |
|
Text (Bab III)
BAB III WIFQI.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V WIFQI.pdf - Published Version Download (245kB) |
|
Text (Bab I - Bab V)
SKRIPSI WIFQI FULL TEXT (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap empati dan kepedulian sosial. peserta didik yang masih kurang sopan, menjawab perkataan guru dengan ucapan yang kurang pantas dan tidak menjaga lingkungan sekolah seperti membuang sampah sembarangan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengaanalisis perencanaan pembelajaran IPS yang efektif bagi peserta didik dalam menanamkan sikap empati dan kepedulian sosial. (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS yang dapat mempengaruhi peserta didik dalam menanamkan sikap empati dan kepedulian sosial, (3) membahas kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan sikap empati dan kepedulian sosial terhadap peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Perencanaan Pembelajaran dalam bentuk modul ajar yang berisikan sikap empati dan kepedulian sosial terdapat pada profil pelajar Pancasila yaitu beriman bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, berkebhinekaan global dan dalam pemahaman bermakna yaitu sikap memahami perspektif orang lain. (2) pelaksanaan pembelajaran IPS yang dapat mempengaruhi peserta didik dalam menanamkan Sikap Empati dan kepedulian sosial dalam mencakup orientasi yaitu mempersiapkan kondisi peserta didik, apersepsi untuk membangun hubungan antara konsep baru dengan pengetahuan yang dimiliki peserta didik, memberikan motivasi tentang sikap dan pemberian acuan yang dapat meningkatkan sikap peserta didik kepada yang lebih baik, memiliki sikap peduli terhadap sesama, bekerja sama dalam menyelesaikan masalah dan bersikap sopan dan santun menghargai orang lain tanpa membeda-bedakan. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan Sikap Empati dan Kepedulian Sosial, seperti pengaruh pembiasaan keteladanan terhadap peserta didik dan kondisi sosial masyarakat di luar sekolah, membuang sampah sembarangan yang mencerminkan kurangnya rasa tanggung jawab sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Empati dan Kepedulian Sosial, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 17:41 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 17:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20806 |
Actions (login required)
View Item |