Kamalasari, Dikriati (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTsN 7 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi_.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (724kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (712kB) |
|
Text (BAB 5 - Daftar Pustaka)
BAB 5- Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (812kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text_.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran serta penerapan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTsN 7 Agam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 7 Agam pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitiannya quasi eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 7Agam. Pengambilan sampel dilakukan secara non random sampling dengan jenis quota sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas Eskperimen dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai post test hasil belajar sejarah kebudayaan Islam kelas eksperimen diperoleh rata-rata 87,61 dan kelas kontrol 73,66 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 100 dan nilai tertinggi kelas kontrol 92, sedangkan nilai terendah pada kelas eksperimen 79 dan kelas kontrol 59. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 20 diperoleh hasil sih. 2(tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sih.(2-tailed)<0, 05 artinya 0,000<0, 05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ketika penggunaan modal pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 7 Agam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division (STAD), Hsil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Kamus Agama Islam, Ensiklopedia Agama Islam, Konkordans Agama Islam Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 17:39 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 17:39 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20779 |
Actions (login required)
View Item |