Yahya Zakaria, Mohd (2024) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII Smp Negeri 3 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Lampiran.pdf - Published Version Download (584kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (405kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (456kB) |
|
Text (BAB V Dan Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (320kB) |
|
Text (Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di belatar belakang oleh adalah karena 1). Proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konversional. Pembelajaran masih berorientasi pada guru dan cara yang digunakan masih ekspasitorik yaitu sebagian besar waktu mengajar untuk ceramah, memberikan informasi dan hanya sebagian kecil waktu belajar digunakan untuk kegiatan siswa. 2) Kebanyakan siswa hanya mencatat dan jarang yang bertanya tentang materi yang dipelajari. 3) Siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran yang dapat diindikasikan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Learning Stars With a Question di sekolah SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo, dan Apakah ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran yang belajar secara konvensional / biasa dengan peserta didik yang belajar dengan strategi pembelajaran Learning Stars With a Question di sekolah SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Learning Stars With a Question di sekolah SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran yang belajar secara konvensional / biasa dengan peserta didik yang belajar dengan strategi pembelajaran Learning Stars With a Question di sekolah SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo tahun pelajaran 2023/2024. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo diperoleh perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan strategi Learning Stars With a Question dengan metode konvensional pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, ini dibuktikan dengan hasil pengolahan data, hasil posttest kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar 87,19 berada pada kategori tinggi. Dan hasil posttest kelas kontrol memiliki rata-rata hasil belajar 81,44 berada pada kategori rendah. Dalam pengujian hasil hipotesis diperoleh sig a (0,984 > 0,05), Hal ini berarti Ha yang berbunyi terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Stategi Learning Start With A question diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Strategi Learning Start With a Question dengan yang tidak menggunakan model tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan Strategi Learning Start With a Question lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Strategi Learning Start With a Question
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Learning Starts With A Question, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 01:18 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 01:18 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20092 |
Actions (login required)
View Item |