Rahmadhani, Silfira (2024) Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Time Token Pada Kelas VIII Di SMP PGAI Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover dll)
COVER. 1914090090.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB 1..pdf - Published Version Download (337kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III..pdf - Published Version Download (356kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Download (360kB) |
|
Text (Fulltext)
FULLTEXT 1914090090.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada pelaksanaan model pembelajaran Time Token, yang mana model pembelajaran ini sudah dilaksanakan namun peserta didik masih cenderung pasif, peserta didik tidak berani bertanya pada saat proses diskusi kelas banyak yang diam dan tidak berani menyampaikan pendapatnya, sehingga pembelajaran di kelas kurang efektif. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan RPP pembelajaran dengan model Time Token. (2)Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Time Token. (3) Untuk mengetahui apa saja kendala-kendala ketika menggunakan model pembelajaran Time Token. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan proses penelitian untuk mengetahui fenomena-fenomena manusia atau sosial dengan menghasilkan gamabaran secara kompleks yang dikemukakan dengan kata-kata. Tempat dan waktu penelitian ini adalah di SMP PGAI Padang tepatnya pada kelas VIII yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model Time Token. Merancang RPP pembelajaran guru terlebih dahulu menyususn prota, promes, silabus, dan RPP. 2) Pelaksanaan pembelajaran IPS. Setelah membuka pembelajaran maka guru memulai pembelajaran dengan topik “Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial dan saluran-saluran mobilitas sosial”. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan RPP yang pada kegiatan pembelajarannya sesuai dengan langkah-langkah model Time Token sebagai berikut: membagi peserta didik kedalam kelompok, memberikan kartu kupon lalu menjelaskan bagaimana penggunaan kartu kupon, peserta didik berdiskusi lalu presentasi mengenai tugas yang sudah diberikan kepada masing-masing kelompok, setelah itu peserta didik melakukan tanya jawab dengan menggunakan kartu kupon yang sudah disiapkan oleh guru, setelah semua selesai guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan pembelajaran. 3) Kendala- kendala yang dihadapi selama penelitian yaitu keterbatasan media pembelajaran, kurangnya referensi belajar yang tersedia, pertukaran jam pelajaran mempengaruhi jam pelajaran selanjutnya, guru kurang teliti dalam merumuskan indikator, karena berbeda dengan KD.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Time Token, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 05:50 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 05:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19792 |
Actions (login required)
View Item |