Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTsN 1 Solok

Setiawati, Eva Agus (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTsN 1 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER 1914090030.pdf - Published Version

Download (922kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I 1914090030.pdf - Published Version

Download (661kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III 1914090030.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA 1914090030.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi 1914090030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi rendahnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang memberi dorongan peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Pada kegiatan belajar diskusi siswa dilatih untuk berani berperan aktif dan berani berbicara dalam diskusi tetapi hal tersebut tidak terlihat dalam pembelajaran diskusi di kelas VIII MTsN 1 Solok. Diketahui bahwa Peserta didik enggan untuk bersuara, peserta didik memilih untuk diam mendengarkan saja. Hal ini akan mengakibatkan ketidak merataan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mendorong pesrta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran talking chips. Model pembelajaran ini lebih efektif dan dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran termasuk pembelajaran diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking chips terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Solok. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only-Control Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 1 Solok. Teknik analisis data penelitian ini yaitu menggunakan uji hipotesis. Teknik yang digunakan dalam menguji hipotesis yaitu menggunakan uji independent sample test. Hasil penelitian setelah dilakukan post angket menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap partisipasi peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Solok. Hal ini terlihat dari hasil total skor rata-rata post angket kelas kontrol adalah 71,82 sedangkan rata-rata post angket kelas eksperimen adalah 91,64. Pada pengujian hipotesis didapat nilai sig (2 tailed) adalah 0.000 < 0.05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking chips terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTs N 1 Solok. Kata kunci: Model pembelajaran, Talking chips, dan Partisipasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Talking chips, dan Partisipasi peserta didik.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:41
Last Modified: 28 Mar 2024 02:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19704

Actions (login required)

View Item View Item