Pengaruh Model Kumon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di Madrasah Thasanawiyah Negeri 6 Kota Padang

Anwar, Muhammad Faizal (2024) Pengaruh Model Kumon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di Madrasah Thasanawiyah Negeri 6 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
cover-daftar isi-3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I-3.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III-3.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V-1.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL TEXT MUHAMMAD FAIZAL ANWAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik tidak seluruhnya mampu menyampaikan argumen dan menjawab pertanyaan dari pendidik karena peserta didik merasa kurang memahami materi pembelajaran. Hal ini terjadi akibat peserta didik bersikap acuh dan tidak memperhatikan pembelajaran, rendahnya berpikir kritis peserta didik untuk belajar mengakibatkan ketidakmampuan peserta didik memahami pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana berpikir kritis peserta didik di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. (2) Untuk mengetahui bagaimana berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen menggunakan model kumo di kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. (3) Untuk mengetahui pengaruh model kumon terhadap berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di MTsN 6 Kota Padang tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih yaitu peserta didik kelas Vlll.12 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas Vlll.13 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata (mean) peserta didik kelas kontrol pada pretest yaitu 85,97 dengan persentase sebesar 68%. Sedangkan hasil posttest pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata (mean) yaitu 86,25 dengan persentase 69%. Sedangkan nilai rata-rata (mean) peserta didik kelas eksperimen pada pretest yaitu 85,09 dengan persentase 68%. Sedangkan hasil posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata (mean) yaitu 94,21 dengan persentase 75%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 20 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,012 maka diambil kesimpulan bahwa (0,012 < 0,05). Oleh karena itu, dapat dikatakan H_0 ditolak, artinya tidak tedapat pengaruh model kumon terhadap berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTsN 6 Kota Padang.〖 H〗_a diterima, artinya terdapat pengaruh model kumon terhadap berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. Hal ini berarti terdapat perbedaan antara kelas konvensional dengan kelas yang menggunakan model kumon. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model kumon terhadap berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang. Kata Kunci: Model Kumon, Berpikir Kritis, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kumon, Berpikir Kritis, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 00:52
Last Modified: 28 Mar 2024 00:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19338

Actions (login required)

View Item View Item