Pengaruh Model Index Card Match dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTsS Kurnia Koto Salak Kabupaten Dharmasraya

Hasanah, Lu’luil (2024) Pengaruh Model Index Card Match dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTsS Kurnia Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
LU'LUIL_HASANAH_20140101024_PAI_COVER-DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
LU'LUIL_HASANAH_20140101024_PAI_BAB-I.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB III)
LU'LUIL_HASANAH_20140101024_BAB_III.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
LU'LUIL_HASANAH_20140101024_PAI_BABV-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (FULLTEXT)
LU'LUIL_HASANAH_20140101024_PAI_FULLTEXT.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar alquran hadist peserta didik kelas VII di MTsS Kurnia Koto Salak Tahun 2022/2023 merupakan hal yang melatar belakangi penelitian. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar alquran hadist adalah dengan menggunakan model index card match pada mata pelajaran alquran hadist. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk Mengetahui Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan Model Index Card Match (2) Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan Model Index Card Match (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Index Card Match Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII MtsS Kurnia Koto Salak. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsS Kurnia Koto Salak tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling yang dilakukan dengan cara sample random sampling, yaitu penentuan sampel dengan cara acak sederhana. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII A dan kelas kontrol adalah kelas VII B. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post test hasil belajar Akidah Akhlak kelas eksperimen diperoleh rata-rata 96,51 dan kelas kontrol 74,39 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 100 dan nilai tertinggi kelas kontrol 87,sedangkan nilai terendah pada kelas ekperimen 87 dan kelas kontrol 67. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen 100%, sedangkan persentase kelas kontrol 78,95%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh dalam satu arah atau sig. sebesar = 0,455, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,455 > 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadist dengan model Index Card Match dengan yang tidak menggunakan model tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Index Card Match lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan model Index Card Match. Kata Kunci: Model index card match, hasil belajar, mata pelajaran Al-Quran Hadist.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model index card match, hasil belajar, mata pelajaran Al-Quran Hadist.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:15
Last Modified: 26 Mar 2024 05:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19209

Actions (login required)

View Item View Item