Analisis muatan keterampilan proses sains pada lembar kerja peserta didik di jurusan tadris fisika

Afriani, Rona (2023) Analisis muatan keterampilan proses sains pada lembar kerja peserta didik di jurusan tadris fisika. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover,pengeshan,Daftar isi)
RONA AFRIANI 1614080096 COVER, PENGESAHAN, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
RONA AFRIANI 1614080096 BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
RONA AFRIANI 1614080096 BAB III.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text
RONA AFRIANI 1614080096 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Bab V - Kepustkaan)
RONA AFRIANI 1614080096 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan wujud sains sebagai proses dalam pembelajaran sains. Pengajaran sains di Indonesia cenderung lebih fokus pada hafalan konsep sains menyebabkan keterampilan proses sains dikategorikan sedang. Keterampilan proses sains sangatlah penting untuk membantu peserta didik belajar sains untuk memecahkan masalah, sangat dibutuhkan dan harus dimiliki oleh siswa untuk menghadapi persaingan antar manusia di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan proses sains pada produk pengembangan lembar kerja peserta didik di Jurusan Tadris Fisika UIN IB Padang berdasarkan muatan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan metode analisis isi (content analysis) Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian terhadap muatan keterampilan proses sains. Sumber data diperoleh dari Jurusan Tadris Fisika UIN IB Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan dokumentasi atau studi dokumen. Data penilaian terhadap muatan keterampilan proses sains dikumpulkan dengan menganalisis setiap Lembar Kerja Peserta Didik di Jurusan Tadris Fisika sebanyak sembilan produk lembar kerja peserta didik. Analisis dilakukan dengan membaca dan memahami unsur teks pada setiap halaman lembar kerja peserta didik yang dianalisis dan mencocokannya dengan pernyataan dari indikator keterampilan proses sains sesuai pada lembar penilaian muatan keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada LKPD III aspek keterampilan proses sains dikategorikan tinggi dengan persentase 80%. Pada LKPD II, VI dan VIII aspek keterampilan proses sains dikategorikan sedang dengan persentase 40% dan 50%. Pada LKPD I, IV, V, VII, dan IX aspek keterampilan proses sains dikategorikan rendah dengan persentase 20% dan 30%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa analisis muatan keterampilan proses sains pada lembar kerja peserta didik di Jurusan Tadris Fisika UIN Imam Bonjol Padang dapat dikategorikan tinggi, sedang dan rend

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:25
Last Modified: 06 Feb 2024 06:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item View Item