Sistem Pembinaan Karakter Pada Pondok Pesantren Darunnajah dan Nurul Haq di Kabupaten Kerinci

Dasnidar, Dasnidar (2023) Sistem Pembinaan Karakter Pada Pondok Pesantren Darunnajah dan Nurul Haq di Kabupaten Kerinci. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
Dasniar_2020090027_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
Dasniar_2020090027_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
Dasniar_2020090027_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB V & DAFTAR PUSTAKA)
Dasniar_2020090027_BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (FULLTEXT)
Dasniar_2020090027_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penulisan disertasi ini adalah menelusuri sistem pembinaan karakter di Pondok Pesantren Darunnajah dan Pondok Pesantren Nurul Haq, kemudian mengamati adanya perbedaan dalam penerapan, pembinaan karakter yang di lakukan oleh pembina asrama, guru mata pelajaran dan pimpinan pondok pesantren atau kepala sekolah, terhadap pembinaan karakter yang diterapkannya. Selanjutnya penulis mengamati bagaimana pembinaan karakter melalui kurikulum, melalui pendekatan dan melalui penciptan suasana keagamaan pada Pondok Pesantren Darunnajah dan Pondok Pesantren Nurul Haq di Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan penelitian (Field Research). Adapun yang menjadi sumber primer pada penelitian ini adalah data-data yang terdapat di lapangan berdasarkan fakta empiris, dengan penggunaan metode kualitatif ini diharapkan dapat memperoleh gambaran mengenai aktivitas yanb terjadi si pondok pesantren. Dalam hal ini penulis menelusuri bagaiamana sistem pembinaan karakter melalui proses pembelajaran, ekstrakulikuler dan lingkungan asrama antara pondok pesantren Darunnajah dan pondok Pesantren Nurul Haq di Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menemukan bahwa dalam pembinaan karakter di Pondok Pesantren Darunnajah dan Pondok Pesantren Nurul Haq di Kabupaten Kerinci. Adanya perbedaan dalam penerapan pembinaan karakter antara kedua pondok pesantren ini. Hal ini terlihat dari adanya perbedaan pembinaan karakter melalui lingkungan asrama. Perbedaan implementasi tersebut dipengaruhi oleh tidak adanya lahan pada Pondok Pesantren Darunnajah untuk dijadikan Asrama sebagai tempat penciptaan suasana keagamaan, sehingga penerapan pembinaan karakter melalui penciptaan suasana keagamaan tidak dapat dilakukan selayaknya pada pondok pesantren Nurul Haq. Selanjutnya penerapan pembinaan karakter pada pondok pesantren Darunnajah hanya dapat dilakukan melalui kurikulum dan melalui pendekatan yang dilakukan mulai dari jam 07.00 pagi smpai 16.30 sore. Sehingga penerapan penerapan pembinaan karakter yang lebih efektif terdapat pada pondok pesantren Nurul Haq yang dapat melakukan pembinaan karakter melalui kurikulum, dan melalui lingkungan Asrama. Kata Kunci : Pembinaan Karakter dan Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Karakter dan Pondok Pesantren.
Subjects: Agama Islam > Akhlak > Akhlak Berdasarkan Naqli
L Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:16
Last Modified: 17 Oct 2023 03:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18515

Actions (login required)

View Item View Item