Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning, Fasilitas Belajar Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Yayasan Al Kahfi Batam

Okhtiyanto, Reno (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning, Fasilitas Belajar Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Yayasan Al Kahfi Batam. Doctoral thesis, PASCASARJANA DOKTOR PENDIDIKAN ISLAM.

[img] Text (Cover, Abstrak & Pengesahan)
1. File Cover, Abstrak & Pengesahan.pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text (BAB I)
2. File BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (BAB III)
4. File BAB III.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (BAB V)
6.File BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
7. File Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Full Text)
8. File Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Blended learning, fasilitas belajar, motivasi siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMPIT Fajar Ilahi, SMP Alkahfi Islamic School dan SMPIT Imam Syafi’i Batam. Penelitian dalam disertasi ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Variabel terikat (dependent) adalah hasil belajar, sedangkan yang bebas (independent) adalah model blended learning, fasilitas belajar dan motivasi siswa. Populasi adalah seluruh siswa di 3 sekolah yaitu SMPIT Fajar Ilahi, SMP Alkahfi Islamic School dan SMPIT Imam Syafi’i Batam yang berjumlah 580 Siswa beserta Guru PAI yang berjumlah 21 orang, sementara penarikan sampelnya dengan Stratified Random Sampling yang berjumlah 85 orang. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif, inferensial dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Penelitian ini menemukan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung variabel model blended learning (X1) terhadap motivasi siswa (X3) yaitu sebesar 0,132, 2) terdapat pengaruh langsung variabel fasilitas belajar (X2) terhadap motivasi siswa (X3) yaitu sebesar 0,397, 3) terdapat pengaruh variabel model blended learning (X1), fasilitas belajar (X2) terhadap motivasi siswa (X3) yaitu sebesar 0,839, 4) terdapat pengaruh langsung variabel model blended learning (X1) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) yaitu sebesar 0,050, 5) terdapat pengaruh langsung variabel fasilitas belajar (X2) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) yaitu sebesar 0,257, 6) terdapat pengaruh langsung variabel motivasi siswa (X3) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) yaitu sebesar 0,447, 7) terdapat pengaruh tidak langsung model blended learning (X1) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) melalui motivasi siswa (X3) yaitu sebesar 0,054, 8) terdapat pengaruh tidak langsung fasilitas belajar (X2) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) melalui motivasi siswa (X3) yaitu sebesar 0,214, 9) terdapat pengaruh variabel model blended learning (X1), fasilitas belajar (X2) motivasi siswa (X3) secara simultan terhadap hasil belajar yaitu sebesar 0,440. Implikasi temuan ini agar bisa meningkatkan model blended learning, fasilitas belajar, dan motivasi siswa sehingga meningkat pula hasil belajar Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Fasilitas, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:15
Last Modified: 04 Jan 2024 02:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item View Item