'Asara, Siti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Untuk Melihat Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
This is the latest version of this item.
Text (Cover)
COVER fiks.pdf - Published Version Download (564kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (698kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy matematis peserta didik SMP N 31 Padang. Adapun usaha yang dapat dilakukan dengan menerapkan model brain based learning dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model brain based learning lebih tinggi dari kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran biasa di kelas VIII SMP N 31 Padang. 2) Mengetahui self efficacy peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran brain based learning di kelas VIII SMP N 31 Padang. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dan rancangannya randomized control grup only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang yang terdiri dari 8 kelas. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan kelas sampel dengan syarat populasi berdistribusi normal, memiliki variansi yang homogen dan memiliki kesamaan rata-rata. Sehingga sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen dan VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan angket self efficacy. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji-t dan angket dengan menghitung derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen yaitu 74,77 dan kelas kontrol 67,86. Setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung = 1,79 berarti thitung > ttabel dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model brain based learning lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran biasa (K-13) di kelas VIII SMP N 31 Padang. Persentase self efficacy peserta didik yang belajar dengan model brain based learning 77,93% yang berada pada kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Brain Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Self Efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 04:31 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 04:31 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17725 |
Available Versions of this Item
-
Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Untuk Melihat Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. (deposited UNSPECIFIED)
- Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Untuk Melihat Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. (deposited 29 Dec 2023 04:31) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |