Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MTsN 5 Padang Pariaman

Putri, Reni Yulia (2023) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MTsN 5 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
file cover - Daftar isi.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I untuk perpus rere.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III perpus rere.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-daftar pustaka rere.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (FULLTEXT SKRIPSI)
Full Textt skripsi RERE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh : peserta didik masih belum bisa mengkaitkan pengetahuan yang mereka dapatkan di dalam pembelajaran dengan kehidupan mereka sehari-hari, kurangnya wawasan siswa terhadap materi dan mengkaitkan dengan keadaan nyata siswa itu sendiri, dan masih banyak siswa yang tidak kreatif sehingga proses pembelajaran masih berpusat kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) untuk mendeskripsikan perencanaan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS) di MTsN 5 Padang Pariaman (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTsN 5 Padang Pariaman (3) untuk mendeskripsikan dampak Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTsN Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran menggunakan model CTL di MTsN 5 Padang Pariaman diterapkan dikelas VIII dan dikelas IX sedangkan dikelas VII belum menerapkan model CTL dengan perencanaannya sudah dilakukan dengan baik, guru juga mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik (2)pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model CTL di MTsN 5 Padang Pariaman baru diterapkan pada dua kelas yaitu kelas VIII dan kelas IX dan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan komponen CTL yang terdiri dari 7 komponen yaitu kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi,dan penilaian authentic sehingga diharapkan hasil pembelajaran akan lebih bermakna bagi peserta didik (3) dampak positif dari model CTL ini adalah mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam segala kegiatan dikelas maupun diluar kelas dan memiliki kesempatan untuk menemukan sendiri sehingga dapat merangsang peserta didik untuk mengembangkan kompetensi belajar IPS. Sedangkan kelemahan dari model CTL ini adalah waktu pembelajaran yang cukup lama karena peserta didik diharapkan membangun pengetahuannya sendiri dan sedikit sulit bagi peserta didik untuk menemukan suatu konsep dengan pengetahuannya sendiri. Kata Kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:00
Last Modified: 06 Feb 2024 07:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16939

Actions (login required)

View Item View Item