Kurniawan, Muhammad Revanza (2023) Strategi Guru PAI dalam Mengajarkan Materi Fikih yang Bersifat Khilafiyah di SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Skripsi Fulltext)
REVANZA WM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (Cover-Daftar Isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (304kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (173kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (222kB) |
Abstract
Fikih merupakan hasil pemahaman terhadap dalil syariat yang menghasilkan produk berupa hukum-hukum. Di dalam fikih terkadang terdapat permasalahan perbedaan pendapat ulama dalam suatu perkara atau disebut dengan khilafiyah. Dalam menghadapi khilafiyah masih ditemukan sikap Ta’asub dalam masyarakat. Salah satu penyebab munculnya sikap Ta’asub adalah melalui proses pembelajaran di sekolah. Strategi guru dalam mengajarkan materi Fikih yang bersifat khilafiyah, memiliki pengaruh besar terhadap sikap peserta didik dalam menghadapi perbedaan (Khilafiyah) yang ada di sekitarnya. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui materi apa saja yang bersifat khilafiyah dalam pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gunung Talang. (2) Untuk mengetahui Strategi guru PAI dalam mengajarkan materi Fikih yang bersifat khilafiyah di SMP Negeri 1 Gunung Talang. (3) Untuk mengetahui faktor kendala dalam mengajarkan materi Fikih yang bersifat khilafiyah di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau disebut juga (field research). Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa materi Fikih yang bersifat khilafiyah di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Pada materi shalat, aspek khilafiyah adalah cara mengangkat tangan saat takbir, letak dan cara melipat tangan saat bersedekap, qunut subuh, jahr atau tidak nya basmalah dalam al-Fatihah, gerakan telunjuk saat duduk tasyahud dan bacaan “Sayyidina” pada Salawat Nabi. Pada materi Rukhsah yaitu tentang kemudahan membayar zakat fitrah dengan uang. Kemudian pada materi wudu dan shalat tarawih, aspek khilafiyah adalah hal yang membatalkan wudu dan jumlah rakaat shalat tarawih. Pada materi puasa, khilafiyah yang muncul mengenai penetapan awal Ramadhan dan Syawal. Pada materi zakat, khilafiyah nya adalah pada zakat profesi. Pada materi penyembelihan akikah dan qurban, khilafiyah yang muncul berkaitan dengan waktu pelaksanaan akikah. Strategi atau cara guru PAI SMP Negeri 1 Gunung Talang dalam mengajarkan materi Fikih yang bersifat khilafiyah diantaranya adalah tidak memunculkan khilafiyah tersebut kecuali ditanyakan atau dimunculkan oleh peserta didik. Menganalisa kembali perbedaan yang ada sebelum diajarkan, menekankan pada akhlak bertoleransi, menggunakan metode diskusi kelompok, memberi kesempatan bertanya dan Menyajikan dengan bahasa yang sederhana. Kendala yang dihadapi guru PAI SMP Negeri 1 Gunung Talang dalam mengajarkan materi Fikih yang bersifat khilafiyah adalah terbatasnya waktu pembelajaran dan keterbatasan kemampuan intelektual peserta didik. Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Fikih, Khilafiyah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru PAI, Fikih, Khilafiyah |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 04:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 04:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16743 |
Actions (login required)
View Item |