Putri, Dian Sukma (2023) Efektivitas Pembelajaran Remedial Dalam Mendiagnosis Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 33 Tanjung Saba. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text (cover, persetujuan, pengesehan, abstrak, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran)
DIAN SUKMA PUTRI 1914070052 COVER, PERSETUJUAN, PENGESEHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
DIAN SUKMA PUTRI 1914070052 BAB I watermak.pdf - Published Version Download (501kB) |
|
Text (BAB III)
DIAN SUKMA PUTRI 1914070052 BAB III watermark.pdf - Published Version Download (279kB) |
|
Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
DIAN SUKMA PUTRI 1914070052 BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (693kB) |
|
Text (FULLTEXT)
DIAN SUKMA PUTRI 1914070052 FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami peserta didik dalam belajar matematika. Jika kesulitan belajar peserta didik tersebut dibiarkan, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan baik. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, peserta didik memerlukan bantuan, baik dalam mencerna bahan pengajaran maupun dalam mengatasi hambatan-hambatan lainnya. Pembelajaran remedial dapat menjadi alternatif solusi dalam permasalahan kesulitan belajar. Pembelajaran remedial dapat memperbaiki prestasi belajar peserta didik sehingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran remedial dalam mendiagnosis kesulitan belajar matematika peserta didik kelas V SDN 33 Tanjung Saba, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran remedial dalam mendiagnosis kesulitan belajar matematika peserta didik kelas V SDN 33 Tanjung Saba dan mendeskripsikan hasil pembelajaran remedial dalam mendiagnosis kesulitan belajar matematika peserta didik kelas V SDN 33 Tanjung Saba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas V SDN 33 Tanjung Saba. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pendidik dalam perencanaan pembelajaran remedial dalam mendiagnosis kesulitan belajar matematika peserta didik dengan mengidentifikasi peserta didik yang mengalami kesulitan melalui nilai belajar peserta didik dan mencari tahu letak kesulitan belajar peserta didik dengan melihat hasil belajarnya. Pendidik belum menentukan faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik. Pelaksanaan pengajaran remedial menggunakan pendekatan kuratif. Hasil pembelajaran remedial dalam mendiagnosi kesulitan belajar matematika peserta didik kelas V SDN 33 Tanjung Saba yaitu pendidik langsung melakukan pengukuran hasil remedial peserta didik untuk mengetahui berhasil tidaknya peserta didik. Belum ada re-diagnostik bagi peserta didik yang masih mengalami kesulitan, pendidik langsung memberikan rekomendasi berupa contoh soal yang lebih sederhana. Bagi peserta didik yang berhasil pendidik memberikan rekomendasi untuk membaca materi selanjutnya yang ada di buku.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remedial, Kesulitan Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 08 Oct 2023 04:22 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15184 |
Actions (login required)
View Item |