Yongki, Herpendi (2018) PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.
|
Text (COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK)
cover, peersetujuan, abstrak oyong.pdf - Published Version Download (326kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09 BAB I.pdf - Published Version Download (257kB) |
||
Text (BAB II)
10 BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
|
Text (BAB III)
11 BAB III.pdf - Published Version Download (120kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
12 BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
|
Text (BAB V)
13 BAB V.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
|
Text (FILE GABUNGAN)
OYONG FIX.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peningkatan Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi dalam Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesisir Selatan”, Disusun oleh Yongki Herpendi, NIM. 1314090845. Karakter adalah salah satu tujuan pendidikan yang diamanatkan oleh UU No. 20 Tahun 2003 bab 2 pasal 3 tentang tujuan pendidikan nasional. Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut maka dimunculkanlah kurikulum 2013 dengan tujuan utama menciptakan manusia yang berakhlak mulia. MAN 1 Pesisir Selatan Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, namun setelah penerapan kurikulum tersebut, masih ada peserta didik yang tidak mengerjakan tugas kelompok yang diberikan guru, sebagian dari peserta didik memilih-milih teman, pada kegiatan diskusi ada yang tidak menghargai pendapat teman sekelas, hal ini tentu belum sesuai dengan tujuan pelaksanaan kurikulum 2013 tersebut. Dengan demikian perlu diketahui bagaimana peran pembelajaran sejarah dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi dilingkungan sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah, pelaksanaan pendidikan karakter melalui nilai-nilai demokrasi, hasil pendidikan karakter melalui nilai-nilai demokrasi terhadap perilaku peserta didik dan tindak lanjut pengembangan karakter melalui penerapan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Untuk melaksanakan penelitian dibutuhkan sumber data, baik sumber primer maupun sumber sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data diawali dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, Perencanaan peningkatan karakter melaui nilai-nilai demokrasi dalam mata pelajaran sejarah yang dimuat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada kegiatan inti. Kedua, Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran sejarah terlihat pada waktu kegiatan diskusi kelompok dimana siswa dimintak untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru untuk dikerjakan bersama kelompok masing-masing, dan guru memberikan kesempatan yang sama bagi siswa untuk mengemukakan pendapat, serta ditekankan untuk menghargai teman ketika menyampaikan pendapat di depan kelas. Ketiga, Evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah dinilai dari aspek Afektif (sikap) ketika proses pembelajaran berlangsung. Keempat, Tindak lanjut pendidikan karakter melalui nilai-nilai demokrasi lebih difokuskan kepada harapan atau tujuan sekolah terhadap karakter siswa di MAN 1 Pesisir selatan kedepannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 03:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 03:21 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1398 |
Actions (login required)
View Item |