Nofera, Findri (2023) Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Self-Regulated Learning pada Siswa. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.
Text (Bab I)
Findri Nofera_1915040117_Bab 1.pdf - Published Version Download (364kB) |
|
Text (Bab III)
Findri Nofera_1915040117_Bab III.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (Cover Dll)
Findri Nofera_1905040117_Covel Dll.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab V)
Findri Nofera_1915040117_Bab V.pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text (Fulltext)
Findri Nofera_1915040117_FullText.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Self-Regulated Learning pada Siswa” disusun oleh Findri Nofera, NIM 1915040117, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan dalam self-regulated learning, karena belajar siswa yang belum maksimal dalam pengaturan diri, kelelahan mengikuti proses pembelajaran yang kompleks (pelajaran umum dan agama), dan lingkungan sekolah yang tidak mendukung. Efikasi diri akademik akan memberikan pengaruh kepada seseorang dalam memilih tindakan, usaha, kegigihan, prestasi atau tujuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat efikasi diri akademik dan self-regulated learning dan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan efikasi diri akademik dengan self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi penelitian sebanyak 65 siswa kelas X & XI. Teknik total sampling diterapkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu efikasi diri akademik dan self-regulated learning, dengan model empat pilihan jawaban, yang telah dimodifikasi dari skala baku. Hasil analisis data penelitian menunjukkan tingkat efikasi diri akademik siswa kelas X & XI di MAS Muhammadiyah Lakitan Kec. Lengayang Pesisir Selatan berada pada kategori sedang (79%), tingkat self-regulated learning berada pada kategori sedang (71%), dan terdapat hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan self-regulated learning menggunakan analisis Pearson Correlation sebesar 0,482 dengan signifikan 0,000. Maksudnya, semakin tinggi nilai efikasi diri akademik, maka semakin tinggi pula nilai self-regulated learning. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah nilai efikasi diri akademik maka semakin rendah pula nilai self-regulated learning. Penelitian ini memperoleh koefisien determinasi sebesar 23,7%, artinya efikasi diri akademik memberikan sumbangan efektif sebesar 23,7% terhadap self-regulated learning pada siswa di MAS Muhammadiyah Lakitan Kec. Lengayang Pesisir Selatan. Kata Kunci: Efikasi Diri Akademik, Self-Regulated Learning, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri Akademik, Self-Regulated Learning, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FUSA |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 07:17 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 07:19 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12986 |
Actions (login required)
View Item |