Pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 5 Pasaman Barat

Alwi, Muhammad (2023) Pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 5 Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Muhammad Alwi_18140057_Cover - 0057 Muhammad Alwi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Alwi_181400057_Bab I - 0057 Muhammad Alwi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Alwi_1814010057_Bab II - 0057 Muhammad Alwi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
Muhammad Alwi_1814010057_Bab III - 0057 Muhammad Alwi.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text
Muhammad Alwi_18140100_Bab IV - 0057 Muhammad Alwi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
Muhammad Alwi_1814010057_Bab V - 0057 Muhammad Alwi.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text
Muhammad Alwi_1814010057_Fulltext - 0057 Muhammad Alwi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 5 Pasaman Barat ditulis oleh Muhammad Alwi NIM 1814010057 Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik jika metode yang digunakan benar-benar tepat, karena antara pendidikan dengan metode saling berkaitan. Agar pembelajaran Akidah Akhlak berhasil dengan baik, metode yang digunakan harus menarik perhatian peserta didik, menyenangkan dan tidak membosankan. Dalam hal ini, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode role playing (bermain peran). Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan metode role playing pembelajaran Akidah Akhlak (2) gambaran hasil belajar peserta didik di kelas kontrol tanpa menerapkan metode role playing (konvensional) pembelajaran Akidah Akhlak.(3) Perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang menerapakn metode pembelajaran konvensional dengan metode pembelajaran role playing di MTsN 5 Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah semu eksperimen (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 5 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampek adalah random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Pengambilan sampel dilakukan dengan penentuan kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini dilihat berdasarkan tingkat kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing kelas sampel. Adapun yang dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas yang ada pada tiap kelas populasi. Dari 3 kelas diambil 2 kelas yaitu satu kelas kontrol (pembelajaran menggunakan model konvensional) kelas VIII A dan satu kelas eksperimen (pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar Akidah Akhlak yaitu kelas VIII B. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post test hasil belajar Akidah Akhlak kelas eksperimen diperoleh rata-rata 80,70 dan kelas kontrol 77,61 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 92 dan nilai tertinggi kelas kontrol 90, sedangkan nilai terendah pada kelas ekperimen 65 dan kelas kontrol 60. Berdasarkan analisis uji t dengan SPSS versi 26, maka diperoleh t sebesar = 0,029 Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran role playing dengan metode konvensional terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik sebesar (0,029 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:01
Last Modified: 21 Aug 2023 02:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item