Pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti (PAIBP) berbasis model research based learning di SMP Negeri 08 Padang

Fitri Jayanti, - (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti (PAIBP) berbasis model research based learning di SMP Negeri 08 Padang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
FITRI JAYANTI_1920010009Cover, pengesahan, DLL - Fitri Jayanti official.pdf - Published Version

Download (993kB)
[img] Text
FITRI JAYANTI_1920010009BAB I - Fitri Jayanti official.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
FITRI JAYANTI_1920010009BAB II - Fitri Jayanti official.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
FITRI JAYANTI_1920010009BAB III - Fitri Jayanti official.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
FITRI JAYANTI_1920010009BAB IV - Fitri Jayanti official.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
FITRI JAYANTI_1920010009BAB V -DAFTAR PUSTAKA - Fitri Jayanti official.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
FITRI JAYANTI_1920010009Produk - Fitri Jayanti official.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
FITRI JAYANTI_1920010009 Fulltext - Fitri Jayanti official.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Fitri Jayanti, 2023. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (PAIBP) Berbasis Model Research Based Learning Di SMP Negeri 08 Padang”. Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Padang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 08 Padang terlihat bahwa proses pembelajaran yang terjadi di kelas lebih menekankan pada proses transfer pengetahuan dari guru ke peserta didik,sehingga tidak menempatkan peserta didik sebagai pengkonstruk pengetahuan. Salah satu penyebabnya adalah perangkat pembelajaran yang disusun guru belum sesuai dengan tuntutan kurikulum. Perangkat belum memuat sejumlah pertanyaan dan pernyataan yang dapat menuntun peserta didik untuk mampu memecahkan masalah sampai pengambilan kesimpulan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran dengan berbasis model research based learning. tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) dengan berbasis model research based learning di SMP Negeri 08 Padang pada materi lebih dekat kepada Allah dengan mengamalkan shalat sunnah dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pada tahap analisis dilakukan analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis Peserta didik. tahap pengembangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan Penilaian. Implementasi dilakukan uji coba perangkat dan penilaian kemudian dilakukan uji validasi perangkat. Selanjutnya pada tahap evaluasi dilakukan uji praktikalitas, dan uji efektifitas. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui satu orang Dosen (tenaga ahli) dan dua orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (praktisi pendidikan). Data uji praktikalitas diperoleh dari observer terhadap keterlaksanaan RPP dan angket respon guru dan peserta didik, selanjutnya data uji efektivitas diperoleh dari penilaian. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan hasil analisis kurikulum, materi, dan peserta didik perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) dengan berbasis model research based learning. Pada tahap pengembangan xii diperoleh perangkat pembelajaran materi lebih dekat kepada Allah dengan mengamalkan shalat sunnah berbasis model research based learning yang memenuhi kriteria Valid (91,22), praktis (91,96), dan efektif (92,20). Sehingga layak diterapkan pada proses pembelajaran. Kata-Kata Kunci: perangkat pembelajaran SMP, research based learning

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:01
Last Modified: 07 Mar 2023 08:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12270

Actions (login required)

View Item View Item