Pelaksanaan model Quantum Teaching pada pembelajaran Sejarah Wajib Kelas X Di MAN 1 Padang

Sovila Andraini, - (2022) Pelaksanaan model Quantum Teaching pada pembelajaran Sejarah Wajib Kelas X Di MAN 1 Padang. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Sovila Andraini_1814090009_cover-daftar tabel - Sovila Andraini.pdf

Download (901kB)
[img] Text
Sovila Andraini_1814090009_BAB I - Sovila Andraini.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Sovila Andraini_1814090009_BAB II - Sovila Andraini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
Sovila Andraini_1814090009_BAB III - Sovila Andraini.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Sovila Andraini_1814090009_BAB IV - Sovila Andraini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
sovila Andraini_1814090009_BAB V -DAPUS - Sovila Andraini.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Sovila Andraini_1814090009_FULL TEXT - Sovila Andraini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pelaksanaan Model Quantum Teaching Pada Pembelajaran Sejarah Wajib Kelas X Di MAN 1 Padang" disusun oleh Sovila Andraini Nim. 1814090009 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Metode Quantum Teaching merupakan metode yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memotivasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Penggunaan metode yang dilaksanakan dengan tujuan untuk proses pembelajaran yang menyenangkan dengan cara menciptakan lingkungan yang efektif, merancang pengajaran, menyampaikan isi,mendudukan siswa secara nyaman, dan memudahkan proses pembelajaran yang menumbuhkan) sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif Adapun proses dari penelitian ini meliputi perencaaan, pelaksanaan dan kendala. Adapun strategi yang di gunakan dalam model Quantum Teaching ini dengan menggunakan strategi yang di sebut dengan TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan. Ulagi dan Rayakan). Tujuan penelitian ini adalah agar guru menjadi lebih kreatif dalam proses pembelajaan. Hasil penelitian menunjukan 1) Dalam menyusun rancangan model pembelajaran sejarah dengan menggunakan model Quantum Teaching mencakup sumber materi ajar dan langkah pelaksanaan. 2) Pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching di gunakan untuk mencari sumber materi yang terdapat dalam buku, materi pertama corak kehidupan zaman pra aksara, kedua proses masuk dan berkembangnya Hindu Budha di Indonesia 3) Ditemukanya kendala-kendala dalam pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching ini seperti Ditemukanya siswa yang terbentuk dalam satu kelompok yang kurang keseriusan dalam mengikuti pembelajaran dan pada saat peserta didik mencari informasi mengenai materi pembelajaran menggunakan internet, ditemukanya peserta didik yang menggunakan Handpone selain dari materi yang di ajarkan. Kata kunci: Model Pembelajaran, Sejarah, Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Dec 2022 18:05
Last Modified: 04 Dec 2022 18:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item