Penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran Sejarah Dengan di Kelas X MAN 1 Padang

Mutiah, - (2022) Penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran Sejarah Dengan di Kelas X MAN 1 Padang. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Mutiah_1814090073_Cover,dll - 0073 Mutiah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mutiah_1814090073_Bab I - 0073 Mutiah.pdf

Download (674kB)
[img] Text
Mutiah_1814090073_Bab II - 0073 Mutiah.pdf

Download (624kB)
[img] Text
Mutiah_1814090073_Bab III - 0073 Mutiah.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Mutiah_1814090073_Bab IV - 0073 Mutiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
Mutiah_1814090073_Bab V - 0073 Mutiah.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Mutiah_1814090073_Fulltext - 0073 Mutiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

MUTIAH (1814090073) “Penggunaan Media PowerPoint dalam Pembelajaran Sejarah Dengan di Kelas X MAN 1 Padang” Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443H/2022M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan bahwa pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint seharusnya memberikan tingkat ketertarikan peserta didik dalam mempelajari Sejarah, namun saat penayangan PowerPoint berlangsung beberapa peserta didik tidak peduli dan kurang serius memperhatikan PPT tersebut. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam terkait penggunaan media PPT ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan PTT media PPT di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan alat pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yaitu sumber primer dan sumber sekunder. 1) Sumber primer; guru Sejarah dan peserta didik serta observasi proses pembelajaran dengan penggunaan 2) Sumber sekunder; buku, jurnal, kajian penelitian yang relevan dan RPP. Analisis data; 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu; Pertama, RPP yang digunakan oleh guru Sejarah adalah RPP revisi kurikulum 2013, didalam RPP guru Sejarah di kelas X pada materi kerajaan-karajaan hindu-budha di Indonesia sudah dirancang media power pont untuk dijadikan sebagai media dalam penyampaian materi, RPP tersebut disusun sesuai dengan format KI KD yang dibuat guru sejarah. Kedua media pembelajaran PowerPointyang digunakan berbentuk; PPT, berisi poin-poin ringkasan materi sejarah yang berbentuk gambar animasi yang berkaitan dengan materi. Pertama dalam pembuatan rancangan model pembelajaran sejarah dengan menggunakan PowerPointguru harus menyiap alat-alat yang diperlukan diantaranya yaitu: 1)Notebook/Komputer,2) LCD Proyektor,3) Remot Presenter atau Lanser Pointer,4) Mikrofon,5) Sofware Desain Presentasi 6) Cok raun dan 7) Layar infokusnya. Kedau proses pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint yaitu:1) guru memulai menjelaskan materi dengan pemutaran PowerPoint dan mengajak peserta didik untuk memusatkan perhatian pada PowerPoint yang ditayangkan 2) setelah itu dilakukan kegiatan tanya jawab terkait materi,3) guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjelaskan pemahaman yang didapat atau kesimpulan terhadap materi, 4) guru memberikan tugas kepada peserta didik berupa soal-soal tertentu yang ada di buku pegangan, Ketiga dalam proses pembelajaran tentu ada kendala. Adapun kendalanya 1) Layar infocukus buram karena pencahayaan kurang bagus ,2) tulisanya kecil gak kelihatan, listrik tiba-tiba mati, 3) Kerterbatasan waktu dan lain sebagainya. Kata Kunci : Penggunaan , Media Pembelajaran, PowerPoint.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Dec 2022 17:46
Last Modified: 03 Dec 2022 17:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

View Item View Item