Junita Popitri, - (2022) Kesiapan Madrasah Dalam Menghadapi Masa New Normal (Studi Kasus di MAN 1 Agam). Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.
Text
Junita Popitri_1814090006_cover_20220825 - Junita Popitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Junita Popitri_1814090006_BAB1 _ Junita Popitri_1814090006_Cover, dll _ Junita Popitri_1814090006-Bab I - Junita Popitri.pdf Download (448kB) |
|
Text
Junita Popitri_1814090006_BAB 2 _ Junita Popitri_1814090006_Cover, dll _ Junita Popitri_1814090006_Bab II - Junita Popitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
Junita Popitri_1814090006_BAB 4 _ Junita Popitri_1814090006_Cover, dll _ Junita Popitri_1814090006_Bab IV - Junita Popitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
Text
Junita Popitri_1814090006_BAB 3 _ Junita Popitri_1814090006_Cover, dll _ Junita Popitri_1814090006_ Bab III - Junita Popitri.pdf Download (377kB) |
|
Text
Junita Popitri_1814090006_BAB 5 _ Junita Popitri_1814090006_Cover, dll _ Junita Popitri_1814090006_Bab V - Junita Popitri.pdf Download (438kB) |
|
Text
Junita Popitri_1814090006_fulltext_ Junita Popitri_1814090006_cover,dll _ Junita Popitri_1814090006_fulltext - Junita Popitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Junita Popitri; Kesiapan Madrasah Dalam Menghadapi Masa New Normal (Studi Kasus di MAN 1 Agam), skripsi; Padang, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang; 2022; 76 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pendidikan dimasa pandemi covid-19, dimana pembelajaran jarak jauh mengakibatan perubahan peserta didik dalam merespon pembelajaran, maka diusulkanlah kembali pembelajaran tatap muka pada tahun 2021 yang dikenal dengan pembelajaran pada masa new normal. Penelitian ini dibatasi kepada kesiapan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran sejarah kurikulum 2013 edisi revisi pada masa new normal (studi kasus di MAN 1 Agam). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kesiapan madrasah dalam menghadapi pembelajaran masa new normal pada mata pelajaran sejarah kurikulum 2013 edisi revisi. (2) Mengetahui kesiapan guru mata pelajaran sejarah sejarah dalam menyusun RPP kurikulum 2013 edisi revisi pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data teknik Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan madrasah dalam memulai pembelajaran pada masa new normal yaitu mengikuti aturan dari pemerintah sesuai dengan panduan yang ada dalam buku saku panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Dengan langkah awal meminta perizinan kepada masing-masing orang tua/ wali murid, memenuhi standar kesiapan pembelajaran tatap muka dengan mempersiapkan infrastruktur sekolah seperti tempat cuci tangan, thermogun untuk cek suhu, dan mengatur jarak tempat duduk peserta didik. Selain itu juga memberikan pelatihan berupa kegiatan lokakarya unuk guru-guru yang dilaksanakan sebelum memulai pembelajaran ditahun ajaran baru pada masa new normal. Dalam penyusunan RPP oleh guru mata pelajaran sejarah dilakukan setelah mengikuti kegiatan lokakrya, dengan format RPP mengikuti format yang dikelurkan oleh menteri pendidikan. Kata Kunci: Kesiapan Madrasah, Penyusunan RPP, Masa New Normal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 16:34 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 16:34 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11489 |
Actions (login required)
View Item |